Bupati di Aceh Tutup Akses Masuk Kantor Cabang Disdik Pemprov, Kenapa?

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 13:02 WIB
Mobil Berisi Tanah di Depan Kacabdin Disdik Aceh Barat Daya Halangi Kendaraan
Mobil Berisi Tanah di Depan Kacabdin Disdik Aceh Barat Daya Halangi Kendaraan (Dok. Facebook Akmal Ibrahim)
Aceh -

Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim memerintahkan bawahannya untuk menimbun akses jalan ke Kantor Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Aceh. Penutupan dilakukan karena pihaknya menilai pegawai Kacabdin arogan.

Jalan akses ke Kacabdin Pendidikan Aceh selama ini melewati Kantor BKPSDM Abdya. Lokasi tersebut sekarang ditimbun dengan tanah sehingga tidak dapat dilewati kendaraan.

"Kemarin lalu, terjadi keributan antara Korpri Abdya dengan para pegawai Cabdin Pendidikan Aceh di Abdya. Pemicunya katanya pegawai Kacabdin agak kasar mengusir sejumlah anggota Kopri Abdya yang meminjam lapangan voli di kompleks Cabdin, dalam rangka HUT Korpri," tulis Akmal dalam status Facebooknya dan dikutip detikcom, Rabu (17/11/2021).

Akmal telah mengizinkan detikcom mengutip statusnya. Akmal mengatakan pemblokiran jalan itu dilakukan agar persoalan tersebut tidak meluas.

Dia mengaku banyak mendapat laporan dari bawahannya terkait sikap arogan pegawai Kacabdin. Akmal juga meminta Kacabdin Pendidikan Aceh di Abdya melapor persoalan tersebut ke Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

"Agar tak berulang insiden tak sedap ini, saya sarankan Kacabdin Pendidikan Abdya segera melapor pada atasannya di Banda Aceh yaitu Kepala Dinas Pendidikan Aceh untuk membuat jalan sendiri ke Cabdin," ujar Akmal.

"Langkah ini untuk menjaga keharmonisan bertetangga yang lebih awet. Bila Kepala Dinas Pendidikan Aceh tak menyelesaikan masalah ini selama seminggu, maka BKPSDM akan saya suruh pagar sehingga akses ke Cabdin akan tertutup. Kan nggak salah, yang dipagar cuma BKPSDM kok," lanjut Akmal.

Akmal menegaskan untuk sementara kendaraan yang boleh memasuki dan parkir di halaman BKPSDM Abdya adalah milik tamu dan anggota Korpri. Pegawai Kacabdin dibolehkan memasuki halaman tersebut dengan berjalan kaki.

"Dan memarkir kendaraannya di luar halaman BKPSDM. Ini juga untuk menjaga kenyamanan kerja BKPSDM dari suara-suara knalpot preman dadakan. Ka Satpol PP besok harus bertugas dan memastikan perintah saya ini berjalan dengan baik," beber Akmal.

(zap/idh)