Pimpinan DPR Beri Selamat ke Letjen Dudung: Semua Calon Pantas Jabat KSAD

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 11:45 WIB
Jakarta -

Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman hari ini bakal dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai Letjen Dudung pantas mengemban jabatan KSAD.

"Kan sudah Pak Dudung, pasti dilantik hari ini," kata Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Selain Dudung, sebelumnya ada sejumlah jenderal TNI bintang 3 yang menjadi kandidat KSAD. Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menyebut ada enam kandidat, yakni Letjen Dudung, Kabais TNI Letjen Joni Supriyanto, Danpusterad Letjen Teguh Arief, Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman, dan Kasum TNI Eko Margiyono.

"Kalau kita lihat beberapa calon yang kemarin beredar namanya, itu semua memenuhi kualifikasi yang cukup pantas untuk menduduki jabatan KSAD. Namun itu terpulang pada kewenangan Presiden untuk mengangkat KSAD yang baru," sebut Dasco.

Dasco memberikan selamat kepada Letjen Dudung. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap TNI AD semakin maju dalam menjaga NKRI.

"Sehingga kami ucapkan selamat bertugas kepada KSAD yang baru, dan semoga Angkatan Darat di bawah kepemimpinan Pak Dudung tetap maju dalam bingkai NKRI menjaga keutuhan negara," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi diagendakan melantik Letjen Dudung sebagai KSAD dan Kepala BNPB baru Mayjen Suharyanto.

"Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat. Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021, pukul 13.30 WIB di Istana Negara," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

(rfs/zak)