Mobilitas Warga Tinggi, Ma'ruf Wanti-wanti Gelombang Ke-3 Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 09:28 WIB
Wapres Maruf Amin Pimpin Rapat di Sumut
Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Rapat di Sumut (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyoroti meningkatnya mobilitas warga imbas penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Ma'ruf meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga kasus Corona.

"Begitu juga dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi sekarang ini, maka perlu kita waspadai. Karena ada penurunan level dan juga penurunan konfirmasi yang semakin rendah, mengakibatkan mobilisasi masyarakat tinggi," tutur Ma'ruf saat rapat Forkopimda di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Rabu (17/11/2021).

Oleh karena itu, Ma'ruf meminta warga tetap menjaga protokol kesehatan. Terutama saat berada di ruang publik.

"Tentu pertama soal penerapan protokol kesehatan dan yang keduanya adalah penerapan aplikasi PeduliLindungi di berbagai tempat di tempat belanja, tempat rekreasi dan juga tempat ibadah dan di lingkungan sekolah, jangan sampai menjadi klaster baru," katanya.

Lebih lanjut, Ma'ruf meminta percepatan vaksinasi terutama di Sumatera Utara. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya varian baru karena Sumut bertetangga dengan Singapura dan Malaysia yang saat ini mengalami lonjakan kasus Corona.

"Saya ingin mengingatkan tentang penanganan COVID, khususnya dalam vaksinasi supaya dipercepat. Karena tantangan kita ini adalah walaupun sekarang sudah melandai tapi kita antisipasi kemungkinan datangnya gelombang ketiga, apalagi varian baru sekarang merembat di Eropa, bahkan sudah sampai di Malaysia, Singapura, Sumatera Utara ini sangat dekat dengan Malaysia dan Singapura, karena itu kita antisipasi," tuturnya.

Simak Video: Satgas Ingatkan Agar Tak Terlena Pada Kasus Covid-19 yang Terkendali

[Gambas:Video 20detik]



(lir/yld)