DKI Bakal Bangun 31 Taman Maju Bersama di 2022 untuk Kendalikan Banjir

ADVERTISEMENT

DKI Bakal Bangun 31 Taman Maju Bersama di 2022 untuk Kendalikan Banjir

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 19:30 WIB
Anak-anak bermain di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018). Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan pembangunan RTH-RPTRA dengan model yang saat ini di Jakarta sudah cukup. Di kepemimpinan Anies-Sandi, pemprov akan meningkatkan RPTRA menjadi Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.
RPTRA Pesona Manggarai (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berencana membangun Taman Maju Bersama (TMB) di 31 lokasi di Jakarta. Diharapkan, TMB dapat mengendalikan banjir di Ibu Kota Negara tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan penambahan RTH sesuai dengan amanat UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

"Akan kami laksanakan pada tahun 2022 selain pembangunan Taman Maju Bersama (TMB) di 31 lokasi," kata Riza saat membacakan pidato gubernur pada rapat paripurna DPRD DKI Jakarta dalam rangka penyampaian jawaban Gubernur atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap RAPBD 2022 di DPRD DKI, Selasa (16/11/2021).

Riza menjelaskan pembangunan RTH Jakarta mengembangkan konsep jejaring hijau-biru. Selain berfungsi sebagai ruang terbuka hijau, taman berfungsi sebagai area resapan air.

"RTH tidak hanya berfungsi secara ekologis namun juga digunakan untuk fungsi lainnya yaitu area resapan air dan digunakan sebagai pengendali banjir di lingkungan sekitar," ujarnya.

Lebih lanjut Riza menjelaskan RTH akan dilengkapi embung atau kolam retensi serta bioswale. Komponen inilah yang akan mendukung RTH sebagai pengendali banjir di kala musim hujan.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT