Budayawan Jawa: Wayang di Sepatu Adidas Sedikit Berbeda dengan yang di Jawa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 19:29 WIB
Wayang Kulit Sempat Disebut dari Malaysia, Simak Lagi Seluk Beluknya
Foto ilustrasi wayang. (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta -

Adidas sempat digeruduk netizen Indonesia usai menyebut wayang kulit, yang menjadi desain di salah satu produknya, sebagai warisan budaya Malaysia. Budayawan Jawa Irfan Afifi turut mengamati desain wayang dalam sepatu Adidas itu. Bagaimana pendapatnya?

Irfan melihat memang ada yang sedikit berbeda antara wayang kulit asli di Indonesia dan wayang dalam desain itu. Meskipun karakter desain wayang tersebut masih sama dengan wayang Indonesia.

"Lihat tipe coraknya memang tidak mirip (sedikit berbeda) dengan wayang kulit asli yang di sini. Tapi karakternya masih sama dengan wayang kulit di sini. Saya nggak tahu apakah basisnya wayang kulit di sini kemudian di-refresh dengan teknik komputer untuk memunculkan gambar wayang baru seperti di sepatu," kata Irfan saat dihubungi detikcom, Selasa (16/11/2021).

Dia mengatakan Malaysia memang memiliki wayang kulit khas tersendiri yang dikenal dengan 'wayang Kelantan'. Namun, masih ada jejak-jejak peradaban wayang Jawa dalam wayang Kelantan.

"Tapi yang jelas memang di Kelantan memang ada wayang kulit, tapi tentu jejaknya karena pengaruh dari Jawa. Alias peradaban wayang Jawa menyebar hingga Kelantan atau bahkan Nusantara. Yang kemudian mencipta wayang-wayang khas lokalnya," ungkapnya.

[Gambas:Instagram]



Dia mencontohkan wayang yang pernah muncul dalam serial kartun 'Upin Ipin'. Menurutnya, itulah wayang khas Malaysia.

"Tapi sumber peradaban wayang memang berasal dari Jawa. Di 'Ipin Upin' juga ada wayang khas Malaysia. Tapi peradaban wayang kulit berasal dari Jawa. Dan itu sudah diakui PBB sebagai warisan intangible dunia dari Indonesia (Jawa)," tuturnya.

Bagaimana penjelasan Adidas? Silakan klik halaman selanjutnya.