Satgas COVID-19 Terima Bantuan 5 Unit Ambulans dari Astra

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 17:44 WIB
SATGAS COVID-19
Foto: Screenshoot/SATGAS COVID-19
Jakarta -

Satgas COVID-19 hari ini menerima bantuan 5 unit ambulans dari PT. Astra International Tbk. Ambulans ini diberikan dalam rangka mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia.

Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan saat ini ada pekerjaan rumah yang sedang dikejar saat ini oleh Satgas yaitu agar pasien-pasien yang melakukan isolasi mandiri bisa benar-benar terpantau dengan baik. Satgas juga harus memastikan para pasien isolasi mandiri yang berada di lingkungan kurang memadai juga dapat memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat yang sudah disediakan pemerintah.

"Hal ini sangat penting agar kita dapat memastikan bahwa mereka yang isolasi mandiri di rumah terpantau kondisi kesehatannya dan jika terjadi pemburukan bisa segera ditangani oleh Fasilitas Kesehatan dekat sesuai dengan tingkat gejala yang dialami," tutur Ganip dalam konferesi pers penyerahan ambulans dari Astra secara virtual di YouTube BNPB Indonesia, Minggu (8/8/2021).

Karena itulah, lanjut Ganip, terkait dengan kecepatan penanganan pasien, keberadaan dan fungsi ambulans menjadi sangat penting.

"Di saat kita berpacu dengan waktu, maka bantuan 5 unit ambulans dari PT Astra Internasional ini akan sangat penting dan bermanfaat sebagai moda penyambung penanganan pasien COVID-19," kata Ganip.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada PT Astra International yang sudah memberikan bantuan 5 unit ambulans dalam upaya mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia. Ia juga mengatakan sejak awal Astra sudah berkontribusi untuk penanganan COVID-19.

"Atas nama BNPB dan Satgas COVID-19 Nasional, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuannya. Semoga kontribusi dari PT Astra Internasional ini akan membuat penanganan COVID-19 ke depan lebih baik lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengungkapkan bantuan ini diserahkan agar dapat mempercepat mobilisasi pada pasien menuju rumah sakit sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan tenaga kesehatan.

"Perusahaan Astra yang berkontribusi dalam pengadaan ambulans ini PT Astra International Tbk, PT Asuransi Astra Buana dan PT Toyota Astra Motor," tuturnya.

(akn/ega)