Mahfud Md Ingatkan Anies Berantas Pungli di Sektor Pelayanan Publik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 15:15 WIB
Anies-Kapolda Metro Teken Komitmen Pencegahan Pungli, Mahfud Md Hadir
Foto: Tiara/detikcom
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md berharap Jakarta menjadi percontohan kota bebas pungutan liar (pungli). Mahfud menilai Jakarta sebagai jendela negara.

Hal ini disampaikan Mahfud Md saat menghadiri acara pencanangan dan penandatanganan komitmen Jakarta kota bebas pungli 2021, di Balai Kota Jakarta. Mahfud berterima kasih kepada Gubernur DKI Anies yang telah mencanangkan Jakarta sebagai kota bebas pungli.

"Saya berterima kasih kepada Gubernur yang telah mencanangkan Jakarta sebagai provinsi bebas pungli. Jakarta itu adalah jendela negara, siapa yang ingin tahu Indonesia lihatlah Jakarta. Jakarta bagus, Indonesia kesannya bagus. Jakarta jelek kesan tentang Indonesia akan jelek," kata Mahfud kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Mahfud menjelaskan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) telah dibentuk sejak tahun 2016. Tujuannya untuk melakukan pengamatan terhadap sektor pelayanan masyarakat. Kini, Mahfud menuturkan peran saber pungli perlu diperkuat melalui pembentukan kota bebas pungli.

"Tidak semuanya tentu sudah bisa digitalisasi sehingga masih perlu kegiatan saber pungli itu diperkuat. Tetap diperlukan untuk diperkuat. Dan salah satu bentuknya adalah membangun atau membentuk kota-saber pungli," ujarnya.

Nantinya, pengawasan terhadap pungli tak hanya dilakukan di fasilitas pelayanan umum di sektor pemerintahan saja. Tetapi diperluas ke sektor lainnya seperti tindak pemerasan hingga praktik pinjaman online.

"Ini bagian yang kita lakukan bersama Gubernur. Pungli itu yang kita garap itu adalah sektor-sektor pelayanan publik yang dilakukan oleh aparat pemerintah," paparnya.

"Sektor yang dilakukan swasta seperti saudara lihat sendiri pemerasan-pemerasan yang dilakukan oleh preman-preman juga langsung ditangani oleh polisi, bukan saber pungli, oleh polisi sebagai tugas regulernya. Ada preman pelabuhan, pinjol, dan sebagainya, ditangani tersendiri demi ketertiban kita," jelas Mahfud.

Simak video 'Heboh Oknum Satpam di Kawasan PIK 2 Lakukan Pungli':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)