Anies-Kapolda Metro Teken Komitmen Pencegahan Pungli, Mahfud Md Hadir

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 14:12 WIB
Anies-Kapolda Metro Teken Komitmen Pencegahan Pungli, Mahfud Md Hadir
Anies-Kapolda Metro meneken komitmen pencegahan pungli, Mahfud Md hadir. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pencanangan dan penandatanganan komitmen Jakarta kota bebas pungli pada 2021. Acara ini disaksikan Menko Polhukam Mahfud Md.

Unsur Forkopimda yang hadir antara lain Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kajati DKI Jakarta Febrie Adriansyah, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

"Kami di DKI Jakarta bersama-sama jajaran Forkopimda, Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kajati menandatangani komitmen Jakarta kota bebas pungli pada 2021 yang disaksikan langsung, dihadiri oleh Pak Menko Polhukam. Barusan saja selesai acara ini dan bagian dari komitmen kita seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta terdiri dari 6 kota administrasi dan 1 kabupaten administrasi committ untuk menjadikan wilayah bebas korupsi atau bebas pungli," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (16/11/2021).

Anies menyampaikan sejauh ini DKI Jakarta berupaya membangun sistem digital terhadap pelayanan masyarakat. Sistem ini bertujuan mengurangi potensi terjadinya pungutan liar (pungli) di masyarakat.

"Di Jakarta sudah melakukan pembangunan sistem digitalisasi seluruh pelayanan sehingga mengurangi ruang untuk terjadinya praktek pungli, begitu juga dengan aspek kebutuhan di mana seluruh jajaran secara umum mendapatkan penghasilan yang cukup sehingga bisa jalankan kehidupan di Jakarta dengan layak," jelasnya.

Kendati demikian, dia tak memungkiri potensi pungli tetap ada sekalipun ASN DKI memiliki pendapatan yang cukup. Untuk itulah, pihaknya bersama Forkopimda berkomitmen menggencarkan pemberantasan pungli.

Melalui pencanangan dan penandatanganan Jakarta Kota Bebas Pungli ini, Anies berharap dalam menutup celah tidak pidana pungli sekaligus memberikan ketenangan di masyarakat.

"Ketiga, di sini selalu ada ruang, kami sebutnya greed atau keserakahan, muncul potensi pungli. Kita ingin sama-sama pastikan bahwa di Jakarta terbebas dari pungli itu. Komitmen ini kita lakukan sekarang sebagai bukti bahwa kota ini terbebas dari praktek pungli. Mudah-mudahan ini akan berikan ketenangan di dalam berurusan dengan pemerintah bahwa yang dikerjakan selalu sesuai dengan ketentuan yang ada," imbuhnya.

Simak video 'Heboh Oknum Satpam di Kawasan PIK 2 Lakukan Pungli':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)