Tak Berizin, Kafe di Atas Saluran Air Kemang Utara Bakal Dibongkar!

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 10:59 WIB
Kafe di Kemang Utara Berdiri di Atas Saluran Air.
Kafe di Kemang Utara Berdiri di Atas Saluran Air. (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Camat Mampang Djaharuddin mengatakan pemerintah kota hari ini akan melakukan peninjauan kafe di Kemang Utara, Jaksel, yang berdiri di atas saluran air. Dia menyebut bangunan tersebut tak mengantongi izin.

"Nggak mungkin dikasih izin. Mungkin depannya dikasih izin tapi di belakangnya kita nggak tahu, di belakang rumah soalnya," ujar Djaharuddin saat dimintai konfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Pemkot terlebih dulu akan mengirimkan surat peringatan kepada pengelola kafe agar melakukan pembongkaran sendiri. Jika tak diindahkan, baru akan dilakukan pembongkaran secara paksa.

"Kita baru ngecek ini. Nanti akan dibongkar, cuman pakai imbauan supaya bongkar sendiri. Takut struktur bangunan dan sebagainya mendingan diserahkan ke yang punya aja," jelasnya.

Kafe di Kemang Utara Berdiri di Atas Saluran Air.Kafe di Kemang Utara Berdiri di Atas Saluran Air (Hanafi/detikcom)

Sementara itu, Lurah Bangka Firdaus Aulawy Rois mengatakan, selain kafe tersebut, ada beberapa bangunan lain yang berdiri di atas saluran air.

"Ada bangunan di atas saluran air benar. Ada lima bangunan kemudian yang terisi satu dan sekarang difungsikan sebagai kafe benar," kata Firdaus.

Firdaus mengatakan bangunan tersebut sudah berdiri sejak 2007. Nantinya, Pemerintah Kota akan menindak bangunan-bangunan tersebut. Diduga, banyaknya bangunan yang melanggar aturan di wilayah Bangka ini menjadi penyebab wilayah ini sering kebanjiran.

"Dari laporan ditulis bahwa berpotensi menyebabkan. Tentu di rapat ini selain survei di lapangan, apakah benar itu menyebabkan banjir," sambungnya.

Tonton juga Video: 'Pribadi Coffee & Eatery', Kafe Berpasir Pantai di Menteng Rasa Bali

[Gambas:Video 20detik]



(idn/hri)