Saat Daerah Lain Dibawa-bawa Wagub Riza yang Bahas Banjir Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 22:34 WIB
Jakarta Zona Hijau Corona Kata Wagub, Ini Data Corona Terbaru
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membawa-bawa daerah lain saat berbicara soal banjir di Jakarta. Riza menyebut tak seperti Jakarta, banyak daerah di Indonesia yang tergenang banjir berhari-hari.

Hal itu disampaikan Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021). Riza mengklaim tidak ada genangan atau banjir yang menggenang berhari-hari di Jakarta. Padahal, menurutnya di daerah lain banjir merendam hingga sepekan.

"Kita lihat sekarang di daerah-daerah di seluruh Indonesia, di musim hujan ini banyak sekali, daerah yang tergenang bahkan banjir berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu. Alhamdulillah di Jakarta, kita tidak ada genangan atau banjir sampai berhari-hari," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (15/11/2021).

Kendati demikian, Riza meminta warga bersikap bijak dan membantu mencegah banjir dengan menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Dia juga meminta warga yang tinggal di daerah berpotensi banjir bersiaga.

"Tentu semua ini harus kita sikapi dengan baik dan bijak. Semua masyarakat kita minta untuk membantu kita semua dengan cara tidak membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, selokan, got, dan sekitarnya," tuturnya.

"Dan juga mempersiapkan di rumah-rumah yang letaknya di daerah yang selama ini setiap tahun berpotensi banjir, ini harus menyiapkan seperti tangga, senter, alat-alat lainnya yang dibutuhkan," lanjut Riza.

Lebih lanjut, Riza mengingatkan pesan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar banjir dapat surut dalam waktu enam jam. Untuk itu, dia meminta semua jajaran sigap melakukan pencegahan dan penanganan banjir agar dapat surut sesuai target.

"Seperti yang disampaikan Pak Gubernur, semua jajaran diminta untuk memastikan kesiapannya dan membantu agar genangan harus segera surut tidak lebih dari enam jam," ujar dia.

Riza klaim Pemprov DKI sudah bangun 18 ribu sumur resapan. Simak di halaman selanjutnya.