Tahanan Polres Batanghari Kabur Usai Rusak Sel-Lompati Tembok Lapas

Ferdi Almunanda - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 18:06 WIB
Batanghari -

Sebanyak 23 tahanan dari Polres Batanghari kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II B Muaro Bulian, Jambi. Tahanan itu kabur dengan cara merusak sel penjara beramai-ramai.

"Dari hasilnya itu, tahanan ini kabur dengan ramai-ramai rusak sel penjara tersebut. Dan infonya juga kala itu tidak ada dari petugas polisi yang berjaga, harusnya itukan ada petugas polisi yang berjaga, tetapi saat itu tidak ada," kata Kepala Devisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jambi, Aris Munandar saat dihubungi detikcom, Senin (15/11/2021).

Aris juga menjelaskan, puluhan tahanan itu kemudian beramai-ramai keluar dari tembok belakang LPKA Klas II B Muaro Bulian. Tembok itu juga berhasil dipanjat para tahanan lantaran posisi tembok tidak terbilang tinggi.

"Inikan Lembaga Pembinaan Khusus Anak, jadi tembok memang ukurannya tidak cukup tinggi. Kalau tidak salah tingginya hanya 2,5 meter tembok itu, nah dari situ tahanan ini kaburnya," ujar Aris.

Tahanan Polres ini dititipkan lantaran kondisi gedung Mapolres Batanghari yang sedang dalam pembangunan. Aris mengatakan pihak Kanwil Kemenkumham Jambi tidak memiliki wewenang baik dalam penjagaan tahanan maupun kebutuhan tahanan tersebut.

"Ini kan tahanan bukan tahanan titipan yang semua diserahkan ke pihak LPKA, ini hanya titipan sementara begitu. Jadi persoalan jaga, lalu makan minum tahanan itu semua tanggungjawab Polres. Nah pada saat itu, infonya tidak ada pihak Polres yang berjaga di sana," sebut Aris.

Saat ini pihak Polisi di Jambi baik Polres Batanghari dan Polda Jambi telah disebarkan untuk mencari dan menangkap tahanan kabur itu. Kapolda Jambi, A Rachmad Wibowo juga telah turun ke lokasi dalam mengecek kejadian itu.

Diberitakan sebelumnya, 24 tahanan dari titipan Mapolres Batanghari Jambi kabur dari Lapas. Ada sebanyak 23 tahanan yang kabur saat itu 1 di antaranya menyerahkan diri.

(lir/lir)