Hari Anak Sedunia 20 November: Ini Sejarah dan Serba-serbinya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 17:20 WIB
Asian child girl wearing protection mask looking outside through the window and stay at home quarantine from the coronavirus Covid-19 and air pollution pm2.5.
Hari Anak Sedunia: Ini Sejarah dan Serba-serbinya -- ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasiistock)
Jakarta -

Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November. Hari Anak Sedunia ini merupakan hari aksi tahunan UNICEF dari dan untuk anak-anak.

Peringatan ini bertujuan untuk menghormati hak-hak anak di seluruh dunia. Hari Anak Sedunia juga jadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anak.

Lalu, bagaimana sejarah dan peringatan dari Hari Anak Sedunia tahun ini? Simak informasinya berikut ini.

Hari Anak Sedunia: Ini Sejarahnya

Pada tahun 1953, UNICEF menjadi bagian permanen dari PBB. Hingga saat ini, UNICEF bekerja di lebih dari 190 negara dan wilayah, memfokuskan upaya khusus untuk menjangkau anak-anak yang paling rentan dan terpinggirkan, untuk kepentingan semua anak, di seluruh dunia.

Berikut adalah sejarah mengenai 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia seperti dilansir dari situs PBB.

  • 1954: Awalnya dicetuskan sebagai Hari Anak Universal
  • 1959: Majelis Umum PBB mengesahkan Deklarasi Hak Anak
  • 1989: Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak
  • 1990: Hari Anak Sedunia menjadi peringatan bagi Majelis Umum PBB saat mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak

Sejak saat itu tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia.

Hari Anak Sedunia: Semua Berperan Penting

Semua orang memiliki peran penting dalam lingkungan anak. Ibu dan ayah, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintah dan aktivis masyarakat sipil, tokoh agama dan masyarakat, pengusaha dan profesional media, serta kaum muda dan anak-anak itu sendiri, juga memiliki peran penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia relevan bagi mereka.

Hari Anak Sedunia ini menginspirasi, mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak serta menerjemahkannya ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak. Diharapkannya pada 20 November, anak-anak akan merasakan kembali dunia yang lebih baik.

Kini sudah diketahui sejarah Hari Anak Sedunia. Bagaimana dengan perayaannya tahun ini? simak ulasan di halaman selanjutnya.