Hari Ayah Sedunia Beda dengan Hari Ayah Nasional, Ini Penjelasannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 12:03 WIB
Hari Ayah Sedunia Beda dengan Hari Ayah Nasional, Ini Penjelasannya
Hari Ayah Sedunia Beda dengan Hari Ayah Nasional, Ini Penjelasannya /Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix
Jakarta -

Hari Ayah Sedunia yang jatuh pada tanggal 19 Juni berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November. Berikut sejumlah perbedaan antara Hari Ayah Sedunia dengan Hari Ayah Nasional.

Hari Ayah Sedunia: Dicetuskan Seorang Anak

Hari Ayah Sedunia berbeda dengan Hari Ayah Nasional. Melansir dari situs LiveScience, Hari Ayah Sedunia diawali dengan kisah pada bulan Mei 1909, di mana seorang anak bernama Sonora Smart Dodd mendengarkan pidato Hari Ibu di Gereja. Setelah itu, Ia ingin menetapkan sebuah hari untuk Ayahnya, William Jackson Smart.

Ibu Dodd meninggal saat melahirkan. Oleh karena itu, sang ayah yang mengurus Dodd beserta lima saudara lainnya. Ayah Dodd adalah seorang veteran Perang Sipil.

Hari Ayah Sedunia: Jatuh pada Tanggal 19 Juni

Awalnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah Sedunia pada tanggal 5 Juni sesuai dengan ulang tahun ayahnya. Ia juga mengajukan petisi agar hari tersebut diakui di kotanya dan menjadi hari libur.

Butuh waktu banyak untuk mewujudkan keinginan Dodd. Akhirnya, Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 19 Juni 1910 menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung.

Hari Ayah Sedunia: Pemberian Bunga Mawar untuk Para Ayah

Pada perayaan Hari Ayah Sedunia yang pertama, sejumlah anak perempuan memberikan bunga mawar kepada ayah mereka selama kebaktian Gereja. Bunga mawar merah sebagai apresiasi kepada ayah mereka yang masih hidup, sedangkan mawar putih untuk ayah mereka yang sudah meninggal.

Hari Ayah Sedunia: Dijadikan Sebagai Hari Libur

Hari Ayah Sedunia resmi dijadikan hari libur untuk perayaannya. Presiden Lyndon Johnson mengeluarkan Proklamasi Presiden pertama untuk mengapresiasi Hari Ayah pada tahun 1966.

Peresmian hari libur dalam rangka Hari Ayah Sedunia dilakukan oleh Presiden Richard Nixon pada tahun 1972. Presiden Richard Nixon menandatangani Unddang-Undang Publik yang menjadikan Hari Ayah Sedunia sebagai hari libur.

Sejarah Hari Ayah Sedunia sudah diketahui. Peringatan ini berbeda dengan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November. Penjelasannya ada di halaman berikutnya.