LDII Kota Tangsel Dirikan SMP-SMA Berasrama Citra Insan Mulia

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 17:07 WIB
Pemkot Tangerang
Foto: dok. Pemkot Tangsel
Jakarta -

DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Tangerang Selatan bekerja sama dengan Yayasan Energi Jagat Raya mendirikan lembaga pendidikan SMP dan SMA Citra Insan Mulia Boarding School.

"Dengan mengajarkan pendidikan keagamaan yang bersumber dari Al-Qur'an dan Al Hadits, LDII berharap dapat menumbuhkan karakter positif, serta dapat membekali para siswa dalam meraih cita-cita menjadi individu yang alim faqih, berakhlaqul karimah dan mandiri, yang kami sebut sebagai Tri Sukses Generasi Penerus," kata Ketua DPD LDII Kota Tangerang Selatan Edy Iriyanto dalam keterangan tertulis, Senin (15/11/2021).

Saat peletakan batu pertama SMA Citra Insan Mulia Boarding School yang terletak di Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu (13/11) lalu, Edy Iriyanto menuturkan LDII memandang penting pembangunan karakter untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, professional dan religius.

Sementara, Ketua Yayasan Energi Jagat Raya, Jamal Abdul Nasser mengatakan, penyelenggaraan pendidikan dengan menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan keagamaan, sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan moral generasi muda.

Ia mengungkapkan penyelenggaraan sekolah berasrama ini juga dalam rangka mengakomodir keresahan para orang tua terhadap pergaulan di kalangan remaja, baik pergaulan di tengah sosial kemasyarakatan maupun pergaulan di lingkungan sekolah.

"Dengan sistem pendidikan berasrama mudah-mudahan kita bisa lebih memberikan perlindungan kepada anak-anak kita, terutama dalam menghadapi maraknya peredaran narkoba, minuman keras, dan pergaulan bebas di kalangan remaja," ucap Jamal.

Dikatakan Jamal, Sekolah SMP Citra Insan Mulia saat ini sudah masuk angkatan kedua. Pihaknya berharap pembangunan Gedung SMA ini bisa selesai sesuai jadwal, sehingga pelajar SMP Citra Insan Mulia ini nantinya bisa langsung melanjutkan ke sekolah SMA Citra Insan Mulia.

"Sekolah Citra Insan Mulia yang berada di bawah naungan Yayasan Energi Jagat Raya telah memiliki Akte Pendirian Yayasan Energi Jagat Raya oleh Notaris dan PPAT Eny Widiyati, SH, yang berkedudukan di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, No. 03, tertanggal 16 Oktober 2019," jelas Jamal.

Di sisi lain, Kepala Bagian Pemerintahan Kota Tangerang Selatan Widodo Hari Lusinto mengapresiasi pembangunan sekolah yang diprakarsai LDII Tangerang Selatan dan Yayasan Energi Jagat Raya.

"Kita harus terus membangun dan mengembangkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Karena dengan pendidikan kita menjadi berilmu, beretika tinggi, dan menjadi agen perubahan," jelasnya Widodo.

Dijelaskan Widodo, pembangunan Kota Tangerang Selatan sejak era Walikota Airin Rachmi Diany hingga sekarang terus berlanjut, sehingga berbagai kegiatan pembangunan terus ditingkatkan.

"Sepuluh tahun kepemimpinan Ibu Airin, kita bisa melihat Tangerang Selatan dulu seperti apa, sekarang seperti apa," kata Widodo.

Widodo juga mengingatkan saat ini pandemi belum selesai. Oleh karena itu dalam setiap kegiatan supaya selalu mengikuti protokol kesehatan.

"Kita harus terus menjaga imun. Kita harus terus semangat dan bahagia, karena dengan semangat dan bahagia imun kita menjadi bagus," ajak Widodo.

Sementara, Ketua 1 Bidang Hukum dan Fatwa MUI Kota Tangsel KH Hasan Musthofi mengatakan, pihaknya menyambut baik penyelenggaran pendidikan dengan menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan agama oleh LDII Tangerang Selatan dan Yayasan Energi Jagat Raya.

KH. Hasan Musthofi menyampaikan, bahwa Rasulullah yang memiliki sifat Rauf dan Rahim terhadap umatnya juga memiliki keprihatinan yang kuat untuk memberikan solusi.

"Sifat Rouf dan Rahim ini adalah konsep kehidupan yang sempurna. Dua sifat yang bisa kita terjemahkan sebagai penyantun dan penyayang," jelas KH Hasan.

KH. Hasan Musthofi berpesan kepada panitia pembangunan agar tidak putus asa jika ke depan pelaksanaan proyek pembangunan ini tidak berjalan mulus dan menghadapi berbagai rintangan. Hal ini pun sering dialami Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan dakwah saat itu.

"Kenapa Allah SWT seolah-olah 'membiarkan' Nabi Muhammad SAW dirintangi oleh berbagai kalangan dalam berdakwah? Ini adalah ujian. Jadi jangan kaget kalau nanti panitia pembangunan sekolah boarding school ini juga menghadapi banyak rintangan," jelasnya.

Dalam perhelatan peletakan batu pertama tersebut hadir Kepala Bagian Pemerintahan Kota Tangerang Selatan Widodo Hari Lusinto mewakili Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang berhalangan hadir.

Hadir pula Ketua 1 Bidang Hukum dan Fatwa MUI Kota Tangsel KH Hasan Musthofi, Ketua FKUB Kota Tangerang Selatan Fachrudin Zuhri unsur Forkompimcam dari Kecamatan Pamulang, serta tokoh masyarakat dan media cetak dan elektronik.

(prf/ega)