PPKM Level 1, Warga Ramai Berolahraga di Kawasan Sudirman-Thamrin

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 09:12 WIB
Warga Ramai Berolahraga di Kawasan Sudirman-Thamrin
Foto: Warga Ramai Berolahraga di Kawasan Sudirman-Thamrin (Karin-detikcom)
Jakarta -

DKI Jakarta kini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pagi ini ramai didatangi warga untuk berolahraga.

Pantauan detikcom sejak pukul 07.50 WIB Minggu (14/11/2021), tepatnya di depan FX Sudirman, Jakarta Pusat kawasan ini dipadati pesepeda. Baik itu pesepeda road bike maupun non road bike.

Mereka terlihat bergerombol satu sama lain dengan pesepeda lainnya. Tampak warga memarkirkan sepedanya di sisi jalan untuk sekedar beristirahat.

Selain itu, khusus di jalur sepeda ramai juga pesepeda yang melintas. Namun tak sedikit pesepeda yang malah melintasi jalur umum bukan jalur sepeda.

Kebanyakan mereka yang menggunakan jalur umum adalah pesepeda road bike yang memang memiliki standar kecepatan tinggi dibandingkan sepeda lainnya.

Selain pesepeda, banyak juga warga yang berjalan santai sambil membawa hewan peliharaannya berjalan. Selain itu, ada sejumlah warga yang joging dan berjalan santai bersama keluarganya. Beberapa orang tua membawa anaknya di bawah 12 tahun berjalan santai.

Secara keseluruhan, warga tampak menggunakan masker selama beraktivitas. Hanya, beberapa orang membuka masker selagi beristirahat di atas trotoar.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di Ibu Kota. PPKM level 1 berlaku selama 14 hari ke depan hingga 15 November.

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 1312 Tahun 2021 tentang pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 COVID-19. Kepgub ini diterbitkan untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021.

Adapun penetapan level wilayah berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menkes RI dan ditambahkan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) dan vaksinasi dosis 1 (satu) lanjut usia.

"Alhamdulillah, ini patut kita syukuri. Dan ini tidak lepas dari kerja kolosal kita bersama. Khususnya saya mengapresiasi kepada tim tracer dan vaksinasi di DKI yang terus bekerja keras memastikan pandemi tetap terkendali di Jakarta sehingga bisa mencapai level 1. Juga masyarakat yang terus disiplin menjaga prokes," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

(ain/dwia)