DKI Masuk Musim Banjir, Golkar Soroti Drainase Kota Hingga Sumur Resapan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 07:39 WIB
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan (Dok Istimewa/ Judistira memberikan fotonya kepada detikcom)
Foto: Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan (Dok Istimewa/ Judistira memberikan fotonya kepada detikcom)
Jakarta - Golkar DKI Jakarta memberikan catatan kritis soal penanganan banjir di awal bulan November 2021. Golkar menyoroti soal saluran di permukiman hingga sumur resapan.

"Saya kira masih banyak yang harus dikerjakan dan diselesaikan oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta. Dalam hal ini, yang ditugasi adalah Dinas Sumber Daya Air," ucap Sekretaris Fraksi Golkar DKI Jakarta Judistira Hermawan, saat dihubungi, Sabtu (13/11/2021).

Judistira menyebut ada penanganan yang sifatnya makro, seperti normalisasi sungai, hingga perawatan danau, waduk dan setu. Kemudian ada yang sifatnya mikro yang mencangkup drainase di kota dan permukiman.

Soal drainase itu yang menurut Judistira tak boleh dilupakan. Drainase menjadi faktor penentu sebuah kawasan akan banjir atau tidak.

"Bagaimana kita lihat, hujan satu dua hari ini, yang harus kita akui debitnya cukup tinggi, tidak tertampung di saluran-saluran drainase kita," kata Judistira.

Pembuatan sumur resapan pun diminta jangan ngasal. Pastikan lokasi sumur resapan adalah daerah yang benar-benar membutuhkan.

"Kan salah satunya, dengan sumur resapan nih, yang sedang dikerjakan. Saya minta ini jadi perhatian khusus Dinas SDA agar mencari titik yang tepat. Jangan di titik yang tidak banjir malah dibangun sumur resapan," katanya.

Simak video 'Jakarta Diguyur Hujan, Kemang Utara Tergenang Air':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dwia)