Sindiran dan Pembelaan Saat Puan Tanam Padi Hujan-hujanan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 07:00 WIB
Momen Puan tanam padi bersama petani di tengah hujan
Puan Maharani menanam padi di tengah hujan (Foto: Dok. Istimewa).
Jakarta -

Puan Maharani menjadi perbincangan publik usai menanam padi bareng petani hujan-hujanan. Ketua DPR RI itu disindir dan dibela.

Aksi Puan menanam padi hujan-hujanan terjadi di area Persawahan Sendangmulyo, Sleman, DIY, Kamis (11/10). Meski hujan deras mengguyur, Puan ikut turun ke sawah untuk menanam padi bersama sejumlah petani perempuan di tengah lahan pertanian seluas 6 hektar. Menanam padi adalah salah satu rangkaian kunjungan kerja Puan.

Selama menanam bibit padi, Puan juga berdialog dengan petani. Mengenakan caping dan sepatu khas petani, Puan sesekali berbicara menggunakan bahasa jawa.

"Piro nek panen (berapa banyak kalau panen?), dijual neng endi (dijual ke mana?)" kata Puan bertanya ke para petani.

Para petani pun menjawab pertanyaan Puan. Mereka juga membicarakan sejumlah kendala yang dihadapi para petani selama ini, termasuk soal pupuk dan jalur distribusi saat panen.

Kemudian Puan juga berbincang dengan kelompok tani dan petani milenial di pematang sawah. Didampingi Wabup Sleman Danang Maharsa, Puan mendengarkan berbagai aspirasi petani sambil menikmati kacang dan ubi rebus. Puan yang berbincang dengan petani milenial juga memberikan bantuan kepada petani.

Sindiran untuk Puan

Puan Maharani menanam padi rupanya menarik perhatian mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti. engan emotikon tangan menelungkup, Susi menyebut biasanya petani tidak menanam padi hujan-hujanan.

"Biasanya petani menanam padi tidak hujan hujanan," kata Susi di Twitter.

Cuitan Susi disambar anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. Fadli Zon menyinggung 'pencitraan 4.0'.

"Belum belajar pencitraan 4.0?" kata Fadli di akun Twitter-nya.

Fadli Zon mengatakan komentarnya tersebut tak perlu dijelaskan kembali. Fadli Zon membiarkan publik menilai cuitannya tersebut.

"Tidak usah dijelasin, itu sudah sangat terang benderang," ujarnya.

Tonton video 'Fadli Zon Kompak Ikut Susi Sindir Puan Tanam Padi Saat Hujan':

[Gambas:Video 20detik]