Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Aktif Perangi Pandemi COVID-19

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 20:31 WIB
Petugas PPSU Bukit Duri menyelesaikan pembuatan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus Corona di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Senin (31/8/2020). Mural tersebut dibuat agar meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas karena masih tingginya angka kasus COVID-19. Jumlah kasus harian Corona di DKI Jakarta pada minggu 30 Agustus 2020 memecahkan rekor dan menembus lebih dari 1.100 kasus per hari.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif melawan pandemi. Caranya, yakni dengan menaati protokol kesehatan, segera divaksin, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

Hal itu disampaikan Johnny dalam momen peringatan Hari Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021). Ia menerangkan dengan mengusung tema 'Sehat Negeriku, Tumbuh Negeriku', Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan, khususnya para penggiat di sektor kesehatan untuk terus berjuang pulih dari kondisi pandemi COVID-19.

"Dengan semangat Hari Kesehatan Nasional ini, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk aktif dan menjadi subjek dalam memerangi pandemi COVID-19," jelas Johnny dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021).

Ia menambahkan pelaksanaan peringatan HKN ke-57 tahun ini adalah momentum bagi masyarakat Indonesia untuk bersyukur, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19.

"Namun juga tetap harus diiringi kewaspadaan, karena penyebaran virus Corona masih sangat dinamis dan proses mutasi terus memunculkan banyak varian," pesan Johnny.

Ia menyampaikan pemerintah pun terus meningkatkan kapasitas 3T (testing, tracing, dan treatment), serta menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan tetap memastikan ketersediaan vaksin dan mendorong distribusi vaksin yang efektif efisien ke seluruh daerah.


"Mulai dari diri sendiri dan keluarga, mari kita jadikan Hari Kesehatan Nasional sebagai kesempatan baik untuk penyatuan tekad dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta motivasi kita semua agar lebih berperan aktif dalam upaya kesehatan nasional," lanjut Johnny.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi juga menyatakan peringatan Hari Kesehatan tahun ini bisa dijadikan momentum fokus membangun diri, keluarga, masyarakat dan negara khususnya di bidang pembangunan kesehatan.

(akd/ega)