Surat 'Dada' Nadiem untuk 3 Putrinya soal Keberanian Lawan Kekerasan Seksual

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 18:36 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim rapat bareng Komisi X DPR. Dalam pemaparannya, Nadiem menjelaskan soal seleksi PPPK guru atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.
Nadiem Makarim (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim menuliskan surat untuk ketiga putrinya. Nadiem menuliskan pesan tentang keberanian untuk melawan pelaku kekerasan seksual di kampus.

Tulisan itu diunggah Nadiem di akun Instagram-nya seperti dilihat detikcom, Jumat (12/11/2021). Nadiem mengawali tulisannya dengan cerita hadiah luar biasa dari ketiga putrinya.

"Hari ini hari Ayah. Tanpa sepengetahuan kalian, kalian memberikan Dada suatu hadiah yang luar biasa. Hadiah itu adalah keberanian. Keberanian untuk melawan pelaku-pelaku kekerasan seksual di kampus," tulis Nadiem.

Nadiem kemudian menjelaskan mengenai Permendikbud tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi. Nadiem menyebut penerbitan Permendikbud itu merupakan langkah besar.

Berikut tulisan lengkap Nadiem kepada ketiga putrinya:

Surat untuk ketiga puteri saya

Halo tiga putriku! Kalian belum bisa baca ini sekarang karena masih kecil, tapi harapan Dada dalam beberapa tahun kalian akan bisa mengerti.

Hari ini hari Ayah. Tanpa sepengetahuan kalian, kalian memberikan Dada suatu hadiah yang luar biasa. Hadiah itu adalah keberanian. Keberanian untuk melawan pelaku-pelaku kekerasan seksual di kampus. Di hari Ayah ini, Permendikbud Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi diluncurkan. Tanpa kalian yang selalu di hati Dada, tanpa ketakutan atas ancaman yang mungkin kalian hadapi saat kalian berkuliah, mungkin langkah besar ini tidak akan terjadi.

Kalian harus ingat, perjuangan ini tidaklah mudah. Tapi kalian akan sadar saat sudah besar, bahwa melakukan hat yang baik dan benar seringkali adalah opsi yang tersulit. Ingat prinsip itu. Jangan pernah menghindari kesulitan. Tidak ada satupun hal yang bermakna di dunia ini merupakan ha! yang mudah.

Hari ini Dada melihat mahasiswa se-Indonesia tanpa pengecualian bersatu menyuarakan dukungannya. Dosen-dosen dari Sabang sampai Merauke berdiri tegap, siap menyalakan obor keadilan di semua kampus.

Hari ini Dada semakin bangga sebagai orang Indonesia. Dan Dada bangga jadi Ayah kalian. Terima kasih untuk kado keberanian yang kalian berikan. Di hari A yah ini, my brave girls, I love you.

Simak Video: Permendikbud PPKS, Polemik soal Kekerasan Seksual di Kampus

[Gambas:Video 20detik]