Jokowi Belum Mikir Reshuffle, PAN Tetap Semangat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 15:43 WIB
Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum berpikir melakukan perombakan kabinet atau reshuffle. PAN, yang kini bagian dari koalisi, tetap setia kepada Jokowi meski belum ada wacana reshuffle.

"PAN tetap saja membantu Pak Jokowi dan menyukseskan program pemerintah agar bermanfaat buat masyarakat, bangsa, dan negara, sesuai cita-cita kemerdekaan," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Jumat (12/11/2021).

Seperti diketahui, PAN masuk koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin pada September lalu. Namun, hingga kini belum ada jabatan menteri yang diemban kader PAN.

PAN tak pusing akan hal tersebut. Viva Yoga mengatakan PAN tetap menjadi bagian dari koalisi pemerintah.

"PAN tetap sebagai partai koalisi pemerintah, mengawal Pak Jokowi sampai selesai menunaikan tugas negara," ujarnya.

Viva Yoga menegaskan PAN tetap semangat demi suksesnya pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Untuk diketahui, parpol koalisi Jokowi saat ini punya wakil di kabinet dan posisi penting pemerintahan lainnya.

"PAN tetap bersemangat di partai koalisi pemerintah, dan bersama-sama dengan parpol lain bergotong-royong mensukseskan program pemerintahan Pak Jokowi agar dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara," kata Viva.

Presiden Jokowi sebelumnya menjawab sejumlah pertanyaan wartawan usai menghadiri perayaan HUT ke-10 Partai NasDem. Soal reshuffle, Jokowi mengaku belum memikirkannya.

"Reshuffle-nya belum berpikir," kata Jokowi usai berpidato di acara HUT ke-10 NasDem di Akademi Bela Negara NasDem, Jl Pancoran Timur II, Jaksel, Kamis (11/11).

Jokowi menegaskan belum memikirkan rencana reshuffle. Jawabannya masih sama saat ditanya soal kemungkinan masuknya PAN ke Kabinet Indonesia Maju.

"Reshuffle-nya belum berpikir ke arah sana," kata Jokowi menjawab pertanyaan soal kemungkinan PAN masuk kabinet.

(rfs/gbr)