Hasto Sebut Puan Menyatu dengan Rakyat Hujan-hujanan Tanam Padi

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 12:47 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani menanam padi (dok. Istimewa).
Ketua DPR RI Puan Maharani menanam padi (dok. Istimewa)

Senada dengan Hasto, kader PDIP lainnya, Junimart Girsang, membela langkah Puan turun ke bawah menanam padi di tengah hujan. Dia merasa heran terhadap pendapat Susi Pudjiastuti bahwa petani tidak menanam saat hujan turun.

"Saya juga pernah terjun dan ikut sebagai petani. Petani padi di kampung. Ketika hujan juga bisa bertanam padi, bercocok tanam. Jadi menjadi aneh apabila ada 'pendapat' yang mengembuskan bila hujan turun, apalagi gerimis, petani tidak bisa bertanam padi," ujar Junimart.

Wakil Ketua Komisi II DPR ini mengaku heran terhadap pihak yang mengomentari aksi Puan dan justru menyesatkan informasi. Dia meminta agar para kader PDIP justru mengikuti langkah konkret Puan.

"Mbak Puan itu setiap gerak langkah menunjukkan rasa empati sebagai pemimpin yang tulus berbuat, bekerja, sebagai anak bangsa ada saja yang tidak suka dengan cara penyesatan informasi. Yang pasti, sebagai kader partai ideologi konkret, kita wajib menyapa, solid bergerak untuk dan bersama rakyat. Kader kita mempantangkan diri untuk membohongi, apalagi memberikan informasi sesat kepada rakyat," tuturnya.

Susi Kritik Puan Tanam Padi Hujan-hujanan

Untuk diketahui, Puan Maharani menanam padi ketika melakukan kunjungan kerja ke DI Yogyakarta. Puan Maharani menanam padi di tengah guyuran hujan. Aksi Puan Maharani dikomentari eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Dalam keterangan resminya seperti dikutip Jumat (12/11/2021), Puan mendatangi area persawahan Sendangmulyo, Sleman, DIY, Kamis (11/10). Meski hujan deras mengguyur, Puan turun ke sawah untuk menanam padi bersama sejumlah petani perempuan di tengah lahan pertanian seluas 6 hektare.

Selama menanam bibit padi, Puan juga berdialog dengan petani. Mengenakan caping dan sepatu khas petani, Puan sesekali berbicara menggunakan bahasa jawa.

Aksi Puan menanam padi di tengah hujan tak luput dari kritik. Salah satu yang mengomentari adalah Susi Pudjiastuti. Dengan emotikon tangan tertelungkup, Susi menyebut biasanya petani tidak menanam padi hujan-hujanan.

"Biasanya petani menanam padi tidak hujan hujanan," kata Susi di Twitter.


(gbr/tor)