Teka-teki Jubir Jokowi Akhirnya Pilih Diri Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 05:35 WIB

Timeline Jubir Presiden


detikcom menghimpun informasi mengenai juru bicara Presiden sejak Jokowi menjabat pada 2014. Berikut kilas baliknya:

2014-2016
Tak Ada Jubir Presiden

Posisi juru bicara presiden belum ada di masa awal pemerintahan Jokowi. Informasi mengenai kegiatan presiden dan tanggapan mengenai isu-isu terbaru disampaikan oleh Mensesneg dan Seskab.

Setelah itu, pada akhir 2014, Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Posisi KSP kemudian digantikan oleh Teten Masduki dan kini dijabat oleh Moeldoko.

2016-2019
Johan Budi

Pada awal 2016, Presiden Jokowi menunjuk Johan Budi sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi. Jokowi mengatakan Johan Budi adalah orang yang berpengalaman di bidang penyampaian informasi.

"Saya senang, semakin banyak orang-orang baik yang membantu saya," kaya Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2016).

Johan Budi menyandang jabatan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi. Ditegaskan Jokowi, tugas Johan Budi adalah sebagai juru bicara Presiden.

"Mengkomunikasikan itu ya jubir," kata Jokowi.

Nantinya, Johan Budi akan bertugas menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait kinerja presiden.

"Beliau kan kita sudah tahu, sangat berpengalaman. Dan saya harapkan bisa membantu saya dalam mengkomunikasikan program pemerintah, program Presiden," kata Jokowi.

Setelah beberapa tahun bertugas, Johan Budi mundur dari jabatannya selaku staf khusus Presiden Jokowi. Johan mundur karena sudah terpilih menjadi anggota DPR.

"Dengan ditetapkanya saya sebagai anggota DPR periode 2019-2024, berakhir pula tugas saya sebagai staf khusus Presiden," ujar Johan dalam pesannya kepada wartawan, Jumat (13/9/2019).

Selama bertugas sebagai staf khusus Jokowi, Johan menjadi juru bicara Presiden. Johan memohon maaf jika terdapat kekurangan dalam menjalankan tugasnya di Istana.

"Mohon maaf jika selama saya bertugas sebagai staf khusus Presiden ada salah kata dan tindakan. Sekaligus ucapan terima kasih atas kerja samanya selama ini," ujar Johan.

Simak di halaman selanjutnya.