Penipu Catut Kapolres Tangerang, Korban Baru Sadar Usai Lihat Foto WA

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 22:38 WIB
Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu S Bintoro menjelaskan 18 mahasiswa pendemo telah dipulangkan
Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu S Bintoro (Dok. Istimewa/Humas Polresta Tangerang)
Tangerang -

Seorang pria bernama Thomas ditipu pelaku yang mencatut Kapolres Metro Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro. Korban baru sadar dirinya kena tipu setelah melihat foto profil WhatsApp dari nomor pelaku.

Kombes Wahyu menuturkan, pelaku dengan sengaja memajang foto dirinya pada profil WhatsApp. Namun foto yang dipajang pelaku adalah foto lamanya.

"Jadi pas dilihat di foto WA pangkat saya masih AKBP, ya foto itu bisa diambil mudah dari Google banyak. Setelah diketahui pangkat saya sudah Kombes, baru dia konfirmasi ke WA saya yang benar," ujar Kombes Wahyu Sri Bintoro saat dimintai konfirmasi, Kamis (11/11/2021).

Selain itu, Thomas tersadar setelah pelaku meminta dikirimi uang lagi pada Kamis (11/11). Sebelumnya, Thomas sudah mengirimkan uang sebesar Rp 25 juta ke rekening pelaku atas nama Endah Liswati.

"Nah hari ini ada WA lagi minta dana lagi mengatasnamakan saya. Dia baru ngerasa curiga di ceklah nomor handphone-nya loh kok beda, pangkat dan nomornya. Pada Rabu yang bersangkutan sudah mengirimkan uang Rp 25 juta ke rekening pelaku," ucap Wahyu.

Wahyu meyakinkan bahwa hal ini adalah penipuan yang mencatut namanya. Wahyu kemudian menyebarkan informasi ini agar tidak jatuh korban lain.

"Makanya saya langsung viralkan kepada temen-temen media untuk dibuatin berita jangan sampai ada yang tertipu lagi gitu. Ya kalau pelaku tidak kenal saya, tetapi Pak Thomas kenal dan saya pernah ketemu sekali dengannya," ungkap Wahyu.

Atas kejadian ini, Wahyu mengaku pihaknya sedang melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku. Dia mengungkapkan pelaku sudah terlacak dan berada di Sulawesi Selatan.

"Pelaku sekarang sedang kita kejar dan terlacak berada di Sulawesi Selatan. Kita sudah kordinasi dengan kepolisian sana," jelasnya.

(mea/mea)