detikcom Do Your Magic: Tanggul Jebol yang Bikin Banjir Kawasan Hek Diperbaiki

Marteen Ronaldo - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 16:53 WIB
Tanggul Kali Baru di kawasan HEK, Kramat Jati, Jakarta Timur jebol diterjang derasnya air saat hujan melanda kawasan tersebut, Senin (8/11/2021) dini hari.
Foto: Rengga Sencaya/detikcom
Jakarta -

Tanggul jebol di Kali Baru yang sempat membuat banjir di Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, telah diperbaiki sementara. Perbaikan itu diharapkan bisa menahan banjir selagi menunggu perbaikan permanen.

"Terkait tanggul jebol sudah ada penanganan sementara pemasangan bronjong batu kali dan di belakangnya karung pasir," kata Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul, saat dihubungi detikcom, Kamis (11/11/2021).

Rudy menyebut pihaknya sedang mengupayakan secepatnya bisa perbaikan secara permanen. "Saya lagi sampaikan ke Rakorwil di Kantor Wali Kota terkait pelaksanaan konstruksi," ujarnya.

Sementara itu, Kasatpel SDA Jakarta Timur, Muchlis, menerangkan, perbaikan tanggul permanen di Tanggul Hek sendiri akan segera rampung dalam waktu dekat.

"Dua sampai tiga minggu ke depan, lihat kondisi cuaca," terangnya.

Seperti diketahui, banjir sempat melanda permukiman di Kawasan Hek karena tanggul di Kali Baru jebol pada Minggu (7/11). Saat kejadian banjir, air meluap dan masuk ke permukiman dari jebolan tersebut.

"Iya benar kemarin itu jebol, airnya bahkan masuk ke rumah warga setinggi betis. Selain itu, lumpur banyak yang masuk ke rumah warga," kata salah seorang warga sekitar, Basri, saat ditemui, Rabu (10/11).

(aik/aik)