Surya Paloh: NasDem Adalah Sahabat bagi Jokowi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 15:20 WIB
Jakarta -

Partai NasDem merayakan HUT ke- 10 hari ini. Ketua Umum (Ketum) Nasdem, Surya Paloh menyebut Nasdem merupakan sahabat bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nasdem adalah sahabat bagi pribadinya Jokowi," kata Surya Paloh dalam sambutan HUT ke-10 Nasdem, di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, di Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

Paloh menjelaskan arti sahabat yang dimaksud. Dia mengatakan NasDem menerima segala kelebihan dan kekurangan Jokowi. Sebab, lanjut Paloh, NasDem selalu mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan partai.

"Arti seorang sahabat berulang kali saya katakan adalah bisa menerima segala kelebihan dan segala kekurangan yang ada. NasDem jelas berkepentingan menempatkan objektif kepentingan nasional di atas kepentingan partai NasDem sendiri," tutur dia.

"Bangsa ini jauh lebih berharga untuk mencapai tingkatan keberhasilannya dibandingkan hanya sekadar keberhasilan partai," imbuh Paloh.

Paloh melanjutkan, NasDem juga mengaku siap berdiskusi dan mencari calon pemimpin baru bersama Jokowi. Namun, dia menekankan, kecintaan NasDem kepada Jokowi tidak akan luntur meski tidak di satu tempat yang sama.

"Maka kepada Presiden Jokowi kami nyatakan kesiapan kami untuk tetap apabila diperlukan untuk duduk berbicara saling bertukar pikiran mencari calon-calon pemimpin bangsa terbaik dari yang terbaik. Satu komitmen NasDem kebersamaan dan kecintaan tidak akan terpupus di manapun kita berada," ungkap Surya.

Sebelumnya, Surya Paloh menyatakan kecintaan NasDem kepada Jokowi tidak akan terputus, meski berpisah jalan. Kesiapan itu diutarakan Surya Paloh dalam sambutannya di perayaan HUT ke-10 NasDem, yang digelar di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, di Jakarta Selatan, hari ini.

"Tugas kita adalah mencari kesinambungan kepemimpinan nasional, yang mungkin kita harapkan juga lebih baik dari apa yang telah dicapai oleh seorang Jokowi pada bangsa ini," kata Surya Paloh dalam sambutannya, Kamis (11/11/2021).

Meski demikian, Surya Paloh menyadari kemungkinan NasDem pisah jalan dengan Jokowi tetap ada. Bila berpisah, Surya Paloh tetap berkomitmen kecintaan NasDem kepada Jokowi tidak akan putus.

"Boleh diajak, boleh kita bersama. Tetapi, kalaupun kita berpisah, berbeda, satu komitmen NasDem, kebersamaan dan kecintaan kita tidak akan pernah terputus di manapun kita berada," ucapnya.

(rak/mae)