Apresiasi Nakes, Bupati Kendal Pakai APD Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Saktyo Dimas R - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 18:42 WIB
Bupati Kendal kenakan APD saat pimpin upacara Hari Pahlawan.
Foto: dok. Pemkab Kendal
Kendal -

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan bersama Nakes, TNI-Polri, Hansip, Masyarakat Kendal, dan pelajar di lapangan desa Bebengan kecamatan Boja, kabupaten Kendal. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian bernuansa pahlawan.

"Hari ini adalah kali pertama saya menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Pahlawan di tengah masa pandemi COVID-19 ini. Tentunya kita juga harus mengingat jasa para pahlawan kita yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan ini tanpa terkecuali tenaga medis yang juga seorang pahlawan," kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, usai memimpin upacara Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2021).

Selaku Inspektur Upacara, Dico mengenakan pakaian APD Hazmat lengkap yang menggambarkan bahwa selama masa pandemi tenaga kesehatan merupakan pahlawan yang memerangi COVID-19. Selain itu juga sebagai wujud penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang menyelamatkan dan merawat pasien COVID-19.

"Sejak tahun 2019 tentunya para Nakes telah berjuang keras dalam menekan penyebaran COVID-19 maka dari itu saat ini dalam momen Hari Pahlawan, saya mengenakan pakaian APD lengkap sebagai wujud penghargaan yang saya dedikasikan bagi para tenaga kesehatan yang telah berjuang untuk Kabupaten Kendal," jelasnya.

Usai melaksanakan upacara, Bupati Kendal dan Wakil Bupati Kendal beserta Forkopimda Kendal menuju Taman Makam Pahlawan Setyabhakti di Desa Sepen, Kecamatan Boja untuk melakukan tabur bunga sekaligus membersihkan area makam dan mengganti bendera Merah Putih. Dico juga menyempatkan mengecat tugu yang berada di Taman Makam Pahlawan Setyabhakti.

"Kita dapat informasi bahwa TMP di sini kondisinya kurang baik, kurang adanya perhatian, maka saya bersama Forkopimda melakukan bakti sosial dengan membersihkan makam dan mengecat ulang tembok serta tugu," terangnya.

Dico mengharapkan Taman Makam Pahlawan dapat dijaga dengan baik. Pihaknya juga berpesan kepada OPD terkait serta pihak desa untuk ikut menjaga terutama dalam hal kebersihan.

"Saya berharap agar OPD terkait dan pihak desa bisa berkoordinasi untuk menjaga serta merawat TMP agar kebersihannya selalu terjaga," pungkasnya.

(prf/ega)