Sandiaga Luncurkan Mobil Vaksin Keliling, Gandeng Holywings dkk

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 18:40 WIB
Sandiaga Lepas Mobil Vaksinasi Keliling
Sandiaga Lepas Mobil Vaksinasi Keliling (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan Gerakan Bersama (Geber) Parekraf Peduli lewat mobil vaksinasi keliling. Kemenparekraf menggandeng para pelaku usaha yang peduli, salah satunya Holywings Indonesia.

Peluncuran mobil vaksinasi keliling ini dilaksanakan di Kantor Kemenparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021) sore. Sandiaga mengatakan mobil ini akan dikerahkan ke wilayah yang cakupan vaksinasinya masih rendah.

"Hari ini akan kita lepas bersama untuk menyasar provinsi, kabupaten dan kota yang masih rendah cakupan vaksinasinya yang ada di Pulau Jawa, Bali, NTB selama 3 bulan ke depan," kata Sandiaga kepada wartawan.

Hadir mendampingi Sandiaga di lokasi, di antaranya Founder Holywings Indonesia Ivan Tanjaya, Enesis Group, GBI Glow, dll.

Sandiaga Lepas Mobil Vaksinasi KelilingSandiaga Lepas Mobil Vaksinasi Keliling (Dok. Istimewa)

Sandi menjelaskan, mobil vaksinasi keliling ini merupakan strategi bersama untuk mempercepat pencapaian herd immunity. Ini selaras dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar seluruh provinsi dapat tervaksinasi minimal 70 persen di akhir 2021.

Sentra dan Mobil Vaksinasi Keliling ini, lanjut Sandiaga, merupakan kolaborasi aksi nyata bersama untuk membantu mempercepat program pemerintah untuk memberikan vaksinasi bagi masyarakat. Nantinya yang akan disasar adalah masyarakat umum, khususnya pelaku di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Jadi kita membantu gerak vaksinasi terutama di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. Rencananya kita akan bergerak di Jabar, karena ini yang terjangkau. Kemudian Banten, Jateng, Yogya dan beberapa daerah lainnya door to door, terutama di titik-titik yang belum terjangkau dan juga desa-desa wisata yg sekarang ini ingin kita bangkitkan," papar Sandiaga.

Sandi memaparkan, menurut data Kemenkes per 9 November 2021, masyarakat Indonesia yang sudah divaksinasi dosis pertama telah mencapai 126 Juta 894 ribu (61%) dan yang sudah mendapatkan dosis lengkap lebih dari 80 Juta (39%).

"Sesuai arahan Presiden kita akan bersama-sama membantu pencapaian 70% di akhir tahun 2021," ucapnya.

Sandiaga menambahkan, sampai hari ini sudah lebih dari 652.138 masyarakat yang tervaksinasi melalui sentra vaksin yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf yang tersebar di 82 lokasi di berbagai daerah. Dia berharap, dengan adanya mobil vaksin keliling ini diharapkan sebanyak 150 ribu masyarakat dapat divaksinasi.

"Oleh karenanya, saya kembali mengajak perusahaan, komunitas, asosiasi dan tentunya para stakeholders, baik yang bergerak di sektor parekraf maupun lainnya, untuk dapat berkolabor-aksi dengan kami seperti yang telah kami lakukan hari ini untuk bisa melaksanakan kegiatan serupa, agar semua destinasi dan sektor-sektor yang terlibat di dalamnya lebih siap untuk kembali menerima wisatawan dan industri kembali berjalan, membuka lebar lapangan pekerjaan," ucapnya.

Sandiaga Lepas Mobil Vaksinasi KelilingMobil Vaksinasi Keliling (Dok. Istimewa)

Sandiaga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menebarkan optimisme dan harapan. Dia percaya pandemi COVID-19 ini akan segera berlalu. Namun selama pandemi belum selesai, Sandiaga mengajak semua terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Di akhir pidatonya, Sandiaga mengucapkan selamat bertugas kepada petugas mobil vaksinasi keliling. Dia mendoakan agar para petugas tetap sehat selama melaksanakan agenda sosial ini. Dia juga berterima kasih kepada para mitra yang terlibat.

"Terima kasih kepada para mitra (Enesis Group melalui Antis, Holywings Indonesia, Eiger Share, Reddoorz Indonesia, Homecare24 dan GBI Glow) yang telah menunjukkan komitmennya untuk selalu berjalan bersama kami dan terus berinovasi untuk selalu berkolaborasi dalam upaya memulihkan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak oleh pandemi ini, salah satunya melalui vaksinasi," lanjutnya.

"Sebagai penutup, tidak akan mungkin sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit tanpa mengatasi sisi kesehatannya dan tidak mungkin ekonomi Indonesia bangkit tanpa pariwisata dan ekonomi kreatif. Mari bangkit di saat sulit, agar menang melawan COVID, together, yes we can do it," sambungnya.

Founder Holywings Indonesia Ivan Tanjaya juga bicara terkait dukungannya kepada Kemenparekraf lewat Mobil Vaksin Keliling ini. Ivan mengatakan, pihaknya sejak awal pandemi COVID-19 selalu mendukung pemerintah lewat program vaksinasi.

"Holywings Indonesia terus bersama dan sejalan dengan pemerintah Presiden Jokowi dalam upaya memutus mata rantai COVID-19. Kami berharap lewat Mobil Vaksin Keliling ini, akan semakin banyak masyarakat yang tervaksinasi dan herd immunity segera tercapai. Dengan demikian, perekonomian Indonesia, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit lagi," ujarnya.

Holywings sendiri, lanjut Ivan, sudah beberapa kali mengadakan vaksinasi gratis, di antaranya lewat program Vaksinasi Presisi bersama Polda Metro Jaya. Pada awal Juli 2021, vaksinasi gratis digelar di sejumlah outlet Holywings di Jakarta. Program vaksinasi gratis juga diadakan di outlet Holywings di wilayah lainnya di Indonesia.

"Kita tidak boleh menyerah dengan adanya pandemi COVID-19 ini. Dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah, kami berharap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih," ucap Ivan.

(hri/fjp)