Ini Hasil Analisis Puslabfor soal Ledakan di Depan Rumah Ortu Veronica Koman

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 17:34 WIB
Jakarta -

Pihak kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) insiden ledakan di depan rumah orang tua (ortu) Veronica Koman. Polri mengungkap hasil temuan dari tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) di lokasi peristiwa.

Dari hasil analisis tim Puslabfor Polri, dapat dipastikan bahwa benda yang meledak di depan rumah ortu Veronica Koman adalah sebuah petasan. Hal tersebut diungkapkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

"Hanya petasan yang diledakkan. Hasil penyelidikan dan alat bukti," kata Rusdi kepada wartawan, Rabu (10/11/2021).

Dirinya menyebut dua pelaku secara jelas terekam kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi. Kendati begitu, pihak kepolisian tetap akan melakukan pendalaman lebih lanjut.

"Itu kan hasil dari rekaman CCTV. Itu baru suatu bagian, ini sedang didalami semuanya. Kasus tersebut masih berjalan. Polri tidak berandai-andai terhadap motif daripada suatu tindakan," ucap Rusdi.

Sebelumnya, Densus 88 Polri menduga ledakan di depan rumah orang tua Veronica Koman di Jakarta Barat terkait dengan sikap Veronica soal Papua. Ledakan tersebut diduga untuk menyampaikan pesan ancaman bagi penghuni rumah.

"Tambahan barang bukti berupa pesan tertulis yang menyinggung masalah perbuatan Veronica Koman yang membela kelompok KKB di Papua yang ditemukan di garasi rumah orang tua dari Saudari Veronica Koman. Diperkirakan merupakan bentuk ancaman terhadap penghuni rumah terkait tindakan-tindakan Veronica Koman," kata Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Senin (8/11).