Rekan WN China Bos Pinjol Ilegal Penyebab Ibu di Wonogiri Bunuh Diri Diburu!

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 16:21 WIB
Jakarta -

WJS alias BH alias JN, seorang warga negara asing (WNA) asal China diduga otak di balik aplikasi pinjaman online (pinjol) ilegal, ditangkap Bareskrim. Kini Bareskrim memburu rekan kerja WJS.

"Dikembangkan siapa yang bekerja dengan warga negara asing ini untuk menuntaskan pinjol ilegal yang sangat meresahkan masyarakat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Rabu (10/11/2021).

Namun Rusdi belum mengungkap inisial dan peran rekan WJS dalam kasus ini. Rusdi hanya menegaskan siapa pun yang terlibat akan ditindak.

"Siapa-siapa saja yang terlibat dalam aktivitas pinjol ilegal terus dikembangkan," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, WJS diduga merupakan otak dari koperasi simpan pinjam (KSP) yang menaungi pinjol ilegal. Pinjol ilegal itu diduga yang menyebabkan ibu di Wonogiri, Jawa Tengah, gantung diri karena terlilit utang dan terus-menerus diteror.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika menuturkan tim mulai melakukan pengejaran sejak 27 Oktober 2021. WJS pun akhirnya ditangkap Bareskrim di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Polri menduga WJS mau kabur ke Turki.

"Indikasinya seperti itu (mau kabur). Tapi faktanya kita tangkap di bandara saat akan pergi ke Turki," ujar Helmy Santika saat dimintai konfirmasi, Selasa (9/11) malam.

Helmy menegaskan WJS bakal diadili di Indonesia. Pasalnya, WJS masuk ke Indonesia dengan status sebagai konsultan bisnis.

"(WJS) diadili di Indonesia," ucapnya.

Berdasarkan pengakuan dari tersangka lain, WJS merupakan direktur bisnis dan pemilik KSP Inovasi Milik Bersama (IMB). WJS diketahui sehari-hari tinggal di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Utara.

(rak/aud)