Truk Kelebihan Muatan Bakal Kena Tilang di Tol Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 10:52 WIB
Truk kelebihan muatan.
Truk kelebihan muatan (Karin/detikcom)
Jakarta -

Truk angkutan barang yang melebihi dimensi dan ketentuan daya angkut (overdimension overload/ODOL) di Tol JORR W2 Utara ruas Ululjami-Kebon Jeruk Km 10+200 arah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, akan ditilang. Penilangan dilakukan mulai hari ini hingga besok.

"Penindakan akan dilakukan hingga besok," ujar Direktur Utama PT Marga Lingkar Jakarta Ari Wibowo kepada wartawan di lokasi, Rabu (10/11/2021).

Dalam operasi penindakan kali ini, setiap truk yang lewat akan ditimbang untuk diketahui jumlah muatannya. Nantinya, jika muatan melebihi kapasitas, kendaraan akan ditilang di tempat oleh petugas.

Penimbangan dilakukan dengan menggunakan alat timbang portabel, yakni weight in motion (WIM). Cara kerjanya, pengemudi truk akan melintasi timbangan portabel ini untuk diketahui berat muatan yang dibawa kendaraan.

"Maksimal berat kendaraan dan muatan itu 24 ton," kata Ari.

Kendaraan yang ketahuan melebihi muatan akan diberi stiker berwarna merah di badan depan mobil. Kemudian kendaraan yang volumenya melebihi ukuran yang sesuai akan ditandai petugas.

"Dilakukan seperti ini untuk menjadi tanda bahwa kendaraan mereka ini melanggar aturan," jelasnya.

Diketahui ODOL merupakan bentuk pelanggaran aturan yang sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lain. Ari berharap operasi penindakan ini dapat memberikan efek jera dan menekan jumlah pelanggaran di jalan tol.

"Operasi ODOL ini merupakan wujud komitmen sinergi dan tindak tegas dalam upaya mewujudkan jalan tol bebas ODOL. Semoga kegiatan ini selain memberikan efek jera juga dapat menekan jumlah pelanggaran yang berdampak resiko kecelakaan di jalan tol," jelasnya.

(ain/idn)