Peringati Hari Pahlawan, Anies Ziarah ke Makam MH Thamrin

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 10:48 WIB
Anies Baswedan.
Anies Baswedan (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pagi ini menyambangi Taman Pemakaman Umum Karet Bivak di Jakarta Pusat. Di sana, Anies menyambangi makam pahlawan nasional, Mohammad Husni (MH) Thamrin.

Anies didampingi Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mendatangi makam MH Thamrin sekitar pukul 07.00 WIB. Tepatnya, sebelum menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan di Balai Kota.

"Tadi pagi Pemprov DKI bersama dengan Bamus Betawi melakukan kegiatan ziarah ke makam Mohammad Husni Thamrin. Seorang pahlawan asal Betawi yang hidupnya dihibahkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi di masa itu dan untuk ikhtiar Indonesia merdeka," kata Anies kepada wartawan, Rabu (10/11/2021).

Eks Mendikbud itu mengenal MH Thamrin sebagai pahlawan yang berjasa, khususnya bagi masyarakat Betawi. Berkat perjuangan MH Thamrin kala itu, pemerintah mengabadikan namanya pada jalan protokol di Ibu Kota.

"Kita mengenal nama Husni Thamrin karena dia menjadi nama sebuah jalan di ruas paling utama di pusat kota Jakarta," terang Anies.

Di momen Hari Pahlawan ini, Anies mengajak masyarakat meneladani sikap pahlawan. Salah satu caranya adalah berziarah di makam pahlawan.

Bahkan, Eks Mendikbud itu berencana menjadikan agenda ziarah ke makam MH Thamrin pada 10 November sebagai sebuah tradisi.

"Insyaallah akan menjadi tradisi baru bahwa setiap tanggal 10 November ada kegiatan ziarah di TPU Karet Bivak karena di sanalah Mohammad Husni Thamrin dimakamkan," ujarnya.

"Kita ingin mengajak kepada semuanya untuk pada saat ini mengambil keteladanan dari para pahlawan yang tersebar makamnya di berbagai tempat," sambungnya.

Sebelumnya, Balai Kota DKI Jakarta pagi ini menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan ke-76. Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pantauan detikcom, upacara dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Upacara dilakukan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. Anies didampingi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beserta jajaran kepala Dinas di Pemprov DKI dan perwakilan unsur forum komunikasi pimpinan daerah.

Jumlah peserta maupun tamu yang hadir dalam upacara dibatasi. Mereka terdiri dari pegawai di instansi Pemprov DKI mengenakan seragam Korpri.

(taa/dwia)