Saat Parpol Koalisi di Sumut Memanas Menatap 2024

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 07:57 WIB
Ilustrasi Partai NasDem
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Partai politik (Parpol) koalisi pendukung pemerintah Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) di Sumatera Utara (Sumut) memanas menatap Pemilu 2024. Mereka memasang target untuk menang di 2024.

Panasnya parpol di dalam koalisi pendukung pemerintah ini berawal ketika NasDem Sumut memasang target mengalahkan PDIP pada Pemilu 2024 di daerah Sumut. NasDem menganggap Gerindra dan Golkar bukan sebagai saingan.

"PDIP 1,4 juta lebih, Gerindra 900 ribu, Golkar 870 ribu sekian, NasDem 820 ribu sekian. Artinya Gerindra, Golkar, suaranya hampir sama. Jadi bukan kita anggap sebagai saingan, saingan utama PDIP," kata Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar, dalam acara konsolidasi partai di Medan, Senin (8/11/2021).

NasDem Sumut pun optimis akan melampaui PDIP di Pemilu 2024. NasDem pun memasang target pemenang Pemilu 2024 di Sumut.

"Untuk jadi pemenang tidak mudah. Bekerja tidak bisa biasa, harus kerja extraordinary, harus memaksimalkan kekuatan yang ada," ujarnya.

Untuk mencapai target itu, Iskandar meminta kader NasDem di pemerintahan dan DPRD se-Sumut bekerja sama untuk memenangkan partai. Kerja sama, kata dia, merupakan hal penting untuk meraih kemenangan.

Selain itu, NasDem kata Iskandar, bakal bisa mengusung kader sendiri untuk menjadi kepala daerah jika menang Pilkada 2024. Dia meminta Ketua DPD NasDem di kabupaten/kota merangkul semua kalangan.

"2024 NasDem akan mengusung kader sendiri, tidak ada kader modal KTA. NasDem tidak ingin mengulangi kesalahan sama, NasDem ingin jadi pemenang," tutur Iskandar.

"Mari kita rebut gedung parlemen, kita rebut gubernuran, balai kota se-Sumut. Kita gunakan kekuatan itu menyejahterakan masyarakat. Tanpa kekuasaan, tidak bisa memaksimalkan visi-misi," jelas Iskandar.

Gerindra Ungkit Hasil Survei

Merespons NasDem tersebut, Gerindra Sumut memilih untuk tak menanggapi serius. Gerinda pun berbicara fakta dalam dua pemilu terakhir.

"Kami tidak terlalu menanggapi serius sesumbar NasDem Sumut tersebut," kata Wakil Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Ronggur Raja Doli Simorangkir, kepada wartawan, Selasa (9/11).

"Karena faktanya dua kali pemilu terakhir, Pemilu 2014 dan pemilu 2019, Partai Gerindra suaranya jauh di atas NasDem, baik tingkat nasional maupun di Sumut," tuturnya.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.