KSAL Tegaskan Tetap Loyal pada Presiden dan Panglima TNI yang Baru

Antara - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 19:13 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau kesiapan tambahan bed ICU dan HCU untuk pasien COVID-19, di RSAL Dr Ramelan Surabaya. Total ada 70 bed tambahan.
KSAL Laksamana Yudo Margono (Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan tetap loyal kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia juga menekankan akan loyal kepada Panglima TNI selanjutnya, Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Tentara itu penilaiannya harus loyal, itu yang pertama kali. Kita harus loyal pada keputusan Presiden, loyal pada Panglima TNI yang baru," kata Yudo kepada wartawan seperti dilansir Antara, Selasa (9/11/2021).

Yudo kemudian menyampaikan akan menyesuaikan program TNI AL dengan program Panglima TNI. Di samping itu, Yudo mengatakan TNI AL tetap menegakkan hukum dan menjaga kedaulatan RI di lautan dengan maksimal.

"Dengan program-programnya, kita harus lebih menyesuaikan. Tentunya penegakan hukum dan kedaulatan di laut tetap tugas pokok TNI AL, kita lakukan semaksimal mungkin," ucap Yudo.

Yudo, yang mengaku tetap semangat dengan apa pun keputusan Presiden Jokowi, sebelumnya menceritakan saat Surat Presiden (Surpres) Calon Panglima TNI diterbitkan, dia telah mengingatkan kepada jajaran TNI AL untuk loyal pada keputusan Jokowi.

"(Begitu) Surat Presiden ada dari Bapak Presiden, saat itu juga langsung saya sampaikan ke jajaran. Tidak sampai 15 menit (setelah itu), saya sampaikan ke jajaran bahwa kita harus loyal terhadap apa yang telah ditetapkan Presiden," terang Yudo.

Yudo mengatakan dirinya juga menyampaikan kepada jajarannya soal panglima tertinggi dari tiga matra TNI adalah Presiden. Yudo juga menilai Presiden Jokowi mengerti yang terbaik untuk TNI, bangsa, dan negara.

"Karena Presiden merupakan penguasa tertinggi TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU, sehingga apa pun yang telah diputuskan (Presiden) pasti keputusan terbaik untuk TNI dan terbaik untuk negara dan bangsa," sambung Yudo.

Yudo juga mengingatkan kepada jajaran untuk loyal kepada Panglima TNI selanjutnya, yakni Jenderal Andika Perkasa. Yudo meminta seluruh prajurit TNI AL mendukung Andika.

"TNI AL, sudah saya sampaikan kepada jajaran, bahwa kita harus loyal dan mendukung kepemimpinan Pak Andika Perkasa. Beliau adalah senior saya dan beliau tentunya yang terbaik karena telah terpilih menjadi Panglima TNI," ucap Yudo.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Tok! DPR Setujui Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]