Viral Sumur Resapan di Atas Trotoar Disoal, Wagub DKI Beri Penjelasan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 16:26 WIB
Jakarta -

Viral video program sumur resapan Pemprov DKI dikritik lantaran dibuat di atas trotoar. Wagub DKI Ahmad Riza Patria memberikan penjelasan.

Video viral itu diunggah politikus Ferdinand Hutahaean lewat akun Twitternya. Dia mempertanyakan bagaimana cara kerja sumur resapan (SR) jika dibangun di atas trotoar.

"Proyek gila, proyek bodoh dari Pemprov DKI bikin sumur resapan di atas trotoar. Lantas air dari mana yang akan masuk ke dalam kalau trotoarnya sendiri lebih tinggi dari permukaan jalan, ditambah lagi sumur resapannya lebih tinggi, terus air apa yang akan meresap ke dalam. Ini Pemprov DKI betul-betul akalnya nggak jalan," demikian kata Ferdinan dalam video yang diunggahnya.

Video yang diunggah itu memperlihatkan proyek sumur serapan yang sedang tahap pengerjaan. Tampak galian tanah dan pemasangan sumur resapan.

Wagub DKI Riza Patria menjelaskan adanya kesalahpahaman soal penempatan sumur resapan. Riza menuturkan cara kerja sumur resapan bukan semata-mata air meresap ke dalam.

"Air akan masuk melalui tali-tali air ke bak kontrol yang kotak. Air akan disaring sebelum masuk ke SR (bulat). Contoh ini SR Gandaria City," ujar Riza di akun intagramnya.

Dalam video yang juga diunggah Riza, dijelaskan bahwa air dalam akan masuk melalui tali-tali air ke bak kontrok yang berbentuk kotak. Pada proses itu air disaring sebelum masuk ke sumur resapan yang berbentuk bulat.

Riza menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sumber Daya Air yang terus bekerja.

(idn/imk)