ASN Pemprov Sulsel Wajib Baca Al-Qur'an Sebelum Kerja, MUI: Sifatnya Ajakan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 15:24 WIB
ILUSTRASI/ Kantor Gubernur Sulsel
Foto ilustrasi kantor Gubernur Sulsel. (Noval/detikcom)
Makassar -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyambut baik Surat Edaran Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di bawahnya membaca Al-Qur'an sebelum bekerja dan salat berjemaah. MUI menegaskan SE itu sekadar ajakan keagamaan.

"Ini kan sifatnya ajakan keagamaan. Jadi tentu beda semacam Perda yang mungkin di situ terkait dengan sanksi. Jadi ini hanya sekadar bimbingan atau arahan yang sifatnya moril," kata Sekretaris Umum MUI Sulsel Muammar Bakry kepada detikcom, Selasa (9/11/2021).

"Jadi tidak ada terkait semacam awas-mengawasi, jadi diharapkan kesadaran," lanjutnya.

MUI Sulsel berharap edaran ini menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah kabupaten/kota lainnya di Sulsel. Dia juga menegaskan edaran itu hanya untuk ASN yang beragama Islam.

"Tentu sebagai umat Islam yang kebetulan ASN, maka tidak ada salahnya kebijakan pemerintah itu untuk mendekatkan umat Islam dengan kitab sucinya, membuat satu tradisi baru dalam aktivitas kesehariannya untuk membaca Al-Qur'an sebelum bekerja," ujarnya.

Muammar mengatakan surat edaran Plt Gubernur merupakan bagian kemaslahatan umat yang harus didukung.

"MUI mendukung Pemprov mengeluarkan edaran itu untuk ASN di lingkup Provinsi Sulawesi Selatan, artinya ketika Sulawesi Selatan, maka di situ juga sebenarnya sampai kabupaten/kota," katanya.

Muammar melanjutkan SE tersebut pada dasarnya sangat penting kepada semua orang sebagai muslim. Oleh sebab itu, lanjut Muammar, MUI juga telah mengeluarkan SE yang sejalan dengan SE Plt Gubernur.

"Jadi menyahuti apa yang dikeluarkan Pemprov, yang objeknya itu ASN, maka MUI mengimbau masyarakat muslim untuk bisa memanfaatkan waktu mengaji bersama keluarga itu pada Magrib. Didekatkan keluarga dengan nilai-nilai Al-Qur'an," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di bawah pemerintahannya membaca Al-Qur'an sebelum memulai kerja. ASN Pemprov Sulsel juga wajib salat berjemaah saat mendengar azan.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 451/10533/B.KESRA yang diteken Andi Sudirman di Makassar pada 29 Oktober 2019.

"Dengan edaran ini, sebagai bentuk pembinaan mental spiritual dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi ASN kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," kata Andi Sudirman dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (9/11).

(hmw/nvl)