ADVERTISEMENT

Mengapa Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan? Simak di Sini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 12:59 WIB
Mengapa Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan? Simak di Sini
Mengapa Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan? Simak di Sini (Foto: Dok. Kemensos)
Jakarta -

Mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan? Pertanyaan ini kerap muncul jelang peringatan Hari Pahlawan di setiap tahun. Pertanyaan ini juga penting dijawab untuk mengulas sejarah hingga perjuangan pahlawan di masa lalu.

Untuk mengetahui alasan mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan, detikcom sudah merangkumnya. Mari simak uraian di bawah ini.

Mengapa Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan: Simak Alasan Lengkapnya

Mengutip situs Kementerian Sosial, alasan mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan karena adanya pertempuran di Surabaya. Pada 10 November 1945, terjadi pertempuran besar antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Pertempuran itu merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bahkan, pertempuran itu menjadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Hal itu menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Kemudian pada 29 Oktober 1945, gencatan senjata antara pihak Indonesia dan tentara Inggris ditandatangani. Saat itulah, perlahan keadaan mulai membaik. Namun, bentrokan bersenjata antara rakyat Indonesia dan tentara Inggris masih terjadi di Surabaya.

Masih melansir situs Kemensos, puncak bentrokan itu terjadi saat terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby. Dia merupakan Pimpinan Tentara Inggirs Untuk Jawa pada 30 Oktober 1945.

Masih dalam sejarah mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan, kematian Jenderal Mallaby rupanya menyebabkan Inggirs marah kepada pihak Indonesia. Saat itu pula, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh menggantikan Mallaby.

Pada 10 November 1945, Eric Carden mengeluarkan Ultimatum yang meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI juga administrasi NICA, serta ancaman menggempur kota Surabaya. Ancaman itu dilakukan kalau bangsa Indonesia tidak menaati perintah bangsa Inggris.

Mengapa Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan juga tak lepas dari instruksi yang dikeluarkan pihak Inggris. Instruksi itu berisikan seluruh pimpinan bangsa Indonesia dan pemuda Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945 pukul 06.00 pagi. Mereka harus datang ke tempat yang sudah ditentukan oleh pihak Inggris.

Namun, instruksi itu dilanggar oleh pemuda Surabaya. Saat itulah, terjadi pertempuran Surabaya yang berlangsung kurang lebih tiga minggu. Inilah alasan dibalik mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Mengapa Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan: Kisah Selanjutnya

Sejarah mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan juga tak lepas dari kerugian perang. Medan perang Surabaya dijuluki 'neraka' lantaran kerugian yang disebabkan tidaklah sedikit. Pertempuran itu mengakibatkan 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, di mana sebagian besar adalah warga sipil.

Di samping itu, diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya dan sekitar 1.600 prajurit Inggris tewas, hilang dan luka-luka. Puluhan alat perang juga rusak dan hancur.

Banyaknya pahlawan yang gugur dan rakyat yang menjadi korban, prajurit Inggris yang tewas serta sikap pantang menyerah yang ditunjukkan masyarakat Surabaya, membuat kota ini dikenang sebagai kota pahlawan. Sejak saat itulah, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan ini sekaligus memberi penghargaan terhadap jasa dan pengorbanan pahlawan. Inilah alasan utama mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Alasan mengapa tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan sudah diketahui. Simak informasi lainnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT