Uji Emisi di Bengkel DLH DKI Hari Ini Ditiadakan, Sejumlah Pemotor Kecewa

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 08:38 WIB
Uji emisi di Bengkel DLH DKI hari ini dibatalkan (Rakha Arlyanto/detikcom).
Uji emisi di Bengkel DLH DKI hari ini dibatalkan. (Rakha Arlyanto/detikcom)
Jakarta -

Uji emisi kendaraan bermotor di bengkel Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Jakarta Timur, hari ini ditiadakan. Sejumlah pemotor yang sudah tiba di lokasi kecewa.

Iwan, seorang pemotor calon peserta uji emisi, merasakan hal tersebut. Alasannya, Iwan sudah meminta izin dari tempatnya bekerja untuk melakukan uji emisi.

"Kecewa aja sih dari Citayem, Bogor. Cuma emang kan pelat motor saya B, makanya ke sini. Kantor saya masuk jam 8. Ya udah mau nggak mau telat. Ternyata dibatalin," kata Iwan saat ditemui di lokasi, Selasa (9/11/2021).

Bahkan, dia mengaku tidak diberi tahu alasan mengapa uji emisi di bengkel DLH DKI Jakarta hari ini ditiadakan. Iwan pun kini harus mencari bengkel lain untuk melakukan uji emisi.

"Nggak dikasih tahu juga kenapa dibatalin. Saya tanya kapan ada lagi nggak ada pemberitahuan. Ya mau nggak mau nyari tempat lain. Nyari bengkel yang ditunjuk dari pemerintah," ujarnya.

Pemotor lain bernama Sapril turut merasakan hal serupa. Pasalnya, Sapril sudah rela datang sejak pagi hingga kena macet di jalan.

"Ya agak kecewa kita udah datang pagi-pagi, macet kemari tahu-tahunya dibatalkan," ujar Sapril.

Kini, Sapril harus berbalik arah untuk mencari bengkel lain yang menyediakan uji emisi.

"Ya saya coba cari tempat lain (uji emisi)," katanya.

Berbeda dengan Sapril dan Iwan, seorang pemotor bernama Yudi tidak mempermasalahkan soal ditiadakannya uji emisi di bengkel DLH DKI hari ini. Walaupun, sebelumnya Yudi sama sekali tidak tahu di lokasi ditiadakan uji emisi.

"Ya nggak masalah cari di tempat yang lain. Saya dari Pondok Gede lumayan macet-macetan. Saya nggak tahu sama sekali (uji emisi batal). Tahunya dapat lembaran ini. Tahunya ya yang gratis di sini," kata Yudi.

"Kalau dibilang kecewa ya juga tinggal cari yang lain," lanjutnya.

Pantauan detikcom di lokasi, pukul 08.00 WIB, Selasa (9/11/2021) tampak sejumlah petugas dari kepolisian dan Dinas Perhubungan berjaga di persimpangan Jl Cililitan Besar dan Jl Mandala. Petugas tampak membagikan kertas bertulisan 'Bengkel Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk sementara tidak melayani uji emisi gas buang kendaraan bermotor mulai tanggal 9 November 2021 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya' kepada sejumlah pengemudi kendaraan yang hendak ikut uji emisi.

Para calon peserta uji emisi pun terlihat banyak yang berputar arah di lokasi. Di lokasi, tampak pula sebuah cone berwarna oranye ditempeli sebuah kertas bertulisan 'Uji Emisi Dibatalkan'.

Simak video 'Batalnya Tilang Uji Emisi di DKI Pada 13 November':

[Gambas:Video 20detik]