Modus Pencurian Penutup Gorong-gorong Depok: Pura-pura Perbaiki Angkot

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 21:28 WIB
Dorong-gorong di depan RM Ayam Asix di Jl Margonda, Depok yang penutupnya dicuri sudah ditutup kembali , Senin (8/11/2021).
Gorong-gorong di depan RM Ayam Asix di Jl Margonda, Depok, yang penutupnya dicuri sudah ditutup kembali. (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Depok -

Sejumlah penutup gorong-gorong di Jl Margonda Raya, Depok, raib dicuri kawanan yang naik angkot. Polisi mengungkap para modus pelaku pura-pura perbaiki angkot.

"Iya ini sama juga pakai angkot," kata Kapolsek Beji Kompol Agus Khaeron saat dihubungi detikcom, Senin (8/11/2021).

Pencurian penutup gorong-gorong ini terjadi pada Kamis (4/11) sekitar pukul 01.48 WIB. Aksi para pelaku sempat terekam CCTV di sekitar lokasi.

Menurut Agus, pelaku yang kerap beraksi melakukan pencurian penutup gorong-gorong di Margonda memang memanfaatkan angkot dalam tiap melakukan aksinya. Kendaraan angkot itu digunakan sebagai kamuflase agar masyarakat tidak curiga saat pelaku melakukan pencurian kepada penutup gorong-gorong tersebut.

Modus Pura-pura Perbaiki Angkot

Agus mengatakan para pelaku memarkir angkot di dekat penutup gorong-gorong yang hendak dicuri. Pelaku lalu berpura-pura sedang memperbaiki angkot di lokasi tersebut.

"Modusnya jadi pakai angkot pura-pura betulin mesin, terus kapnya dibuka. Pintunya diarahkan pas dengan tutup got yang mau diambil, baru langsung diangkat," terang Agus.

Agus mengatakan pihaknya sudah mengantongi identitas terduga pelaku pencuri penutup gorong-gorong. Polisi saat ini masih bekerja untuk menangkap para pelaku.

"Insyaallah ini segera tertangkap. Kalau teridentifikasi kita perlu pembuktian. Tapi mengarah ke sana (terduga pelaku) ada," tutur Agus.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.