Ketua DPD Ingin Banyak Wirausahawan Lahir dari Generasi Muda

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 17:07 WIB
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti.
Foto: dok. DPD RI
Jakarta -

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan dukungannya terhadap program Student Company (SC) yang digagas Prestasi Junior Indonesia (PJI). Dia berharap program ini bisa melahirkan banyak wirausahawan dari kalangan generasi muda.

LaNyalla menyebut pembelajaran kewirausahaan melalui tantangan bisnis pada program SC sudah ada sejak 12 tahun lalu dan telah melibatkan sebanyak 13.358 pelajar SMA/SMK. Kegiatan ini turut mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan besar, seperti Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia).

"Program yang sudah ada sejak 12 tahun lalu ini, kita harapkan mampu menciptakan para wirausahawan muda baru. Konsep kewirausahaan bagi pelajar SMK/SMA ini menjadi salah satu langkah konkret untuk mengantisipasi jumlah lonjakan tenaga kerja yang setiap tahun angkanya selalu bertambah," ujar LaNyalla dalam keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

Menurutnya, pascapandemi dunia industri dan dunia usaha masih mengalami hambatan. Sehingga diprediksi akan meningkatkan jumlah pengangguran secara nasional.

Lebih lanjut dia menjelaskan SC tahun 2021 melibatkan 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten di Indonesia. Para peserta ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

"Kita ingin kegiatan ini bukan sekadar event kejuaraan semata. Tapi dapat menumbuhkan wirausahawan dan pebisnis yang dapat dikembangkan sebagai implementasi dari SC," tutur senator asal Jawa Timur itu.

Dia menilai hal ini sangat positif sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan.

"Kewirausahaan mampu melatih pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif guna mengatasi problematika di tengah masyarakat. Ini yang tentu kita harapkan dapat ditanamkan kepada para peserta," tandasnya.

(prf/ega)