ICW Gelar Teatrikal Kritik MA soal PP Pengetatan Remisi Koruptor Dicabut

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 16:36 WIB
Teatrikal ICW soal Pencabutan PP Pengetatan Remisi Koruptor
Teatrikal ICW soal Pencabutan PP Pengetatan Remisi Koruptor (Kadek/detikcom)

Lebih lanjut Alamsyah menyampaikan MA tidak memiliki sikap yang tegas karena menjadikan diskriminasi sebagai alasan dalam mencabut PP tersebut. Dia melihat pencabutan PP Nomor 99 Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk kado kepada para koruptor dan serangan untuk melemahkan pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Terkait adanya diskriminasi, terkait sulitnya koruptor tersebut mendapatkan, dan di MA putusan PP 99 ini, itu menegaskan bahwa MA tidak memiliki sikap yang tegas dan ini sebenarnya menjadi serangan-serangan lainnya dalam tanda kutip berkaitan dengan pelemahan pemberantasan korupsi," ucapnya.

"Putusan tersebut adalah kado yang diberikan MA kepada para koruptor sehingga di sini sangat terlihat jelas bagaimana kemudian sikap MA untuk memberikan kemudahan remisi kepada koruptor ini menjadikan salah atau agenda pelemahan pemberantasan korupsi di Indonesia," imbuhnya.

Berikut tuntutan peserta aksi teatrikal kepada pemerintah dan DPR:

1. Pemerintah dan DPR jangan menggunakan dasar yang dikeluarkan oleh MA untuk dijadikan dasar atau landasan membuat atau merumuskan RUU pemasyarakatan yang tahun 2021 ini masuk dalam prioritas Prolegnas.

2. Pemerintah dan DPR jangan menggunakan alasan terkait overcrowded. Pemerintah dan DPR harus melakukan evaluasi terkait mekanisme atau pengelolaan pemasyarakatan di Indonesia.


(dek/zap)