Luhut: Angka Kematian Turun, Jumlah Pemakaman Sama Seperti Sebelum Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 15:33 WIB
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tingkat kematian akibat COVID-19 menukik turun. Hal itu diketahuinya dari epidemiolog.

"Tadi saya dapat laporan juga dari epidemiolog kita, bahwa tingkat kematian itu juga sangat turun," kata Luhut dalam konferensi pers daring yang disiarkan oleh YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/11/2021).

Turunnya angka kematian membuat situasi pemakaman di Tanah Air saat ini sama seperti sebelum pandemi COVID-19 terjadi. Luhut juga mengatakan hal tersebut dapat dilihat dari situasi di rumah sakit yang kondusif.

"Sehingga jumlah pemakaman itu sudah sama dengan sebelum pandemi. Jadi sebenarnya kalau kita lihat dari semua sisi, rumah sakit, tempat pemakaman, semua menunjukkan angka yang bagus," ucap dia.

Luhut juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar semua pihak tak lengah dengan situasi pandemi yang semakin membaik. Menurut Luhut, Jokowi tak ingin Indonesia mengalami lonjakan kasus harian seperti yang saat ini dialami negara-negara Eropa.

"Dalam ratas yang dipimpin Presiden siang ini, beliau menyampaikan bahwa kita harus betul-betul hati-hati, belajar dari pengalaman negara-negara Eropa yang mengalami lonjakan kasus harian cukup besar akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," ungkap Luhut.

"Sekali lagi saya tidak bosan-bosan menyampaikan masalah protokol kesehatan dan kehati-hatian kita harus sangat tinggi," pungkas dia.

(aud/fjp)