Pemerintah Nyatakan Pandemi COVID Terus Membaik, Begini Indikatornya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 15:27 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi virus corona (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia disebut masih terkendali. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hal itu terbaca dari situasi saat ini yang terus dievaluasi tiap minggunya.

"Penerapan PPKM yang terus dilakukan dan dievaluasi oleh pemerintah tiap minggunya memberikan dampak yang tetap terkendali dan terus membaik. Hal ini dapat terlihat dari situasi pandemi COVID-19 yang terus terjaga pada kondisi yang rendah," ucap Luhut dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (8/11/2021).

"Kasus konfirmasi di Jawa-Bali terus mengalami penurunan dari puncaknya hingga mencapai 99 persen dari puncak kasus pada 15 Juli yang lalu. Selain itu Rt di Indonesia dan Jawa Bali juga masih di bawah 1 mengindikasikan terkendalinya pandemi COVID-19," imbuhnya.

Luhut menyebutkan Rt untuk Jawa berada di angka 0,93 sedangkan di Bali tercatat 0,97. Rt adalah effective reproduction number atau angka penambahan kasus yang terjadi di lapangan setelah dilakukan intervensi melalui berbagai kebijakan dari pemerintah.

Selain itu Luhut menyampaikan pesan Jokowi agar masyarakat tetap waspada meski situasi pandemi saat ini terkendali. Jokowi disebut Luhut mencontohkan bagaimana lonjakan COVID-19 di Eropa terjadi karena warganya tak patuh akan kebijakan pemerintah.

"Beliau menyampaikan bahwa kita harus betul-betul hati-hati, belajar dari pengalaman negara-negara Eropa yang mengalami lonjakan kasus harian cukup besar akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," kata Luhut.

(dhn/fjp)