Penanganan Pandemi COVID-19 Indonesia Diapresiasi Universitas di Panama

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 00:28 WIB
Dubes RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono (Dok. Sukmo Harsono).
Foto: Dubes RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono (Dok. Sukmo Harsono).
Jakarta -

Universidad de Panama Regional University Center Of Azuero di Panama memberikan perhatian kepada penanganan pandemi virus Corona (COVID-19) oleh Pemerintah Indonesia. Mereka mengapresiasi kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mengatasi pandemi.

Dari keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Panama, apresiasi itu disampaikan dalam acara lX Scientific Congress of the Azuero Region lll Internasional Congress l Presential Congress with Virtual Participan. Bahkan, mereka mengundang secara khusus Duta Besar LBBP RI untuk Panama H.E Sukmo Harsono untuk menyampaikan paparan.

Dubes Sukmo menyampaikan langkah-langkah Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan selaku koordinator PPKM Darurat Pulau Jawa dan Bali. Khususnya penerapan PPKM saat Indonesia alami lonjakan kasus.

"Saya sampaikan secara detail langkah-langkah PPKM dan juga pidato Presiden Jokowi (Joko Widodo) di sidang umum PBB, tentang penanganan dan tantangan menghadapi COVID-19 gelombang dua dan pencegahan gelombang tiga dan empat," katanya seperti dalam keterangan yang diterima, Minggu (30/10/2021).

"Tentu prestasi bangsa kita yang terdengar hingga Amerika Latin ini patut kita apresiasi begitu juga disiplin masyarakat dalam mematuhi PPKM. Masyarakat Panama khususya, Universida de Panama sangat senang dengan kehadiran saya memenuhi undangan dan berbagi cara meng-handle COVID-19, " ucapnya.

Sukmo menerangkan, dengan adanya undangan ini membuktikan akan ada peningkatan hubungan antara Indonesia dengan Panama.

"Saya juga ditanya media setempat, apa makna undangan acara ini. Saya jawab, 'Ini membuktikan harapan mereka, hubungan G to G, dan P to P Indonesia dan Panama terus meningkat, khususnya melalui jalur pendidikan, karena sebelum-nya sudah ada penandatanganan MOU kerja sama antara UNS Solo dan Universida de Panama Centro Azuero," katanya.

(aik/aik)