Beda Versi Istri Iwan Fals Vs Pendiri OI soal Dugaan Pemalsuan Akta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 09:33 WIB
Iwan Fals menyambangi Polda Metro Jaya. Musisi senior ini melaporkan terkait kasus dugaan pencemaran nama baik.
Iwan Fals (Foto: Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kisruh antara istri Iwan Fals, Rosanna Listanto dengan pendiri organisasi Orang Indonesia (OI) berinisial IB, semakin panjang. Pihak pendiri OI menuding istri Iwan Fals melakukan pemalsuan akta pendirian OI.

Tuduhan pihak IB dibantah oleh istri Iwan Fals. Istri Iwan Fals pun melaporkan adanya pencemaran nama baik melalui ITE karena tidak terima dituduh memalsukan akta.

Pendiri IB Sebut Ada Pemalsuan di Akta Badan Hukum OI

"Tidak ada kisruh di dalam ormas OI. Yang ada adalah dugaan pemalsuan akta autentik pada tahun 2017," ujar Kamarudin Simanjuntak selaku pengacara IB, saat dihubungi wartawan, Jumat (5/11).

Kamarudin menjelaskan, kliennya menduga ada pemalsuan dalam surat pengesahan badan hukum perhimpunan organisasi OI yang diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM pada 2017. Kliennya merasa tidak mengetahui atau dilibatkan dalam proses pendaftaran OI sebagai badan hukum di Kementerian Hukum dan HAM ini.

"Jadi tahun 2017 ada akta dikeluarkan oleh Kemenkumham yang menyatakan IB adalah ketua Tim Pengawas OI dan Iwan Fals adalah sebagai Ketua Badan Pengurus OI," katanya.

"Tetapi di sisi lain ada yang mengaku ketua badan pengurus OI, namanya Rosana Listanto. Maka pertanyaannya siapa yang jadi ketua dan ketua pengawas?," sambungnya.

Kamarudin lantas mempertanyakan pelaporan yang dilakukan pihak Iwan Fals. Menurutnya, laporan itu salah alamat dan terkesan dipaksakan.

"Pertanyaannya, kenapa dia diam saja dari tahun 2017 sampai tahun 2021 kalau itu bukan perbuatan mereka. Dan kenapa surat itu dipergunakan kalau surat itu bukan produk mereka?" terang Kamarudin.

Pihak pendiri OI, kata Kamarudin, sudah mensomasi Iwan Fals namun tidak digubris. Pihak pendiri OI berencana melaporkan balik istri Iwan Fals terkait hal ini.

Simak video 'Belum Terima Panggilan Polisi, KS Siap Laporkan Balik Iwan Fals':

[Gambas:Video 20detik]




Simak penjelasan pihak Iwan Fals di halaman selanjutnya.....