Sambangi Rumah Jenderal Andika Perkasa, Ini yang Dibahas Komisi I DPR

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 19:33 WIB
Komisi I DPR RI menyambangi kediaman calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hari ini. Kedatangan para wakil rakyat ini untuk melakukan verifikasi faktual
Komisi I DPR RI sambangi rumah Andika Perkasa (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Komisi I DPR RI menyambangi kediaman calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, di Senayan, Jakarta Selatan, untuk verifikasi faktual. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari menyebut verifikasi faktual ini penting untuk memastikan tempat tinggal Andika.

"Tujuannnya adalah untuk bersilaturahmi ke rumah beliau, kita ingin memastikan bahwa beliau memang tinggal di sini, berkeluarga, dan bertemu juga dengan puteranya tadi. Ya kalau bahasa kerennya verifikasi faktual," kata Abdul Kharis di kediaman Andika di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11/2021).

Abdul menerangkan verifikasi faktual ini dilakukan sebelum surat persetujuan calon Panglima TNI dibawa ke rapat paripurna. Tak hanya itu, dalam pertemuan ini Komisi I juga membahas seputar hobi Andika Perkasa.

"Agar ketika besok dikirim oleh DPR kami sudah berkunjung dan kita membuktikan betul bahwa Pak Jenderal TNI Andika memang tinggal di sini, begitu, hanya itu saja tadi ngobrol-ngobrol seputar hobi kita, hobi olahraga kebetulan rata-rata hobi olahraga tadi jadi kita bicara sekitar itu saja, nggak ada yang penting," ungkapnya.

Abdul Kharis mengatakan alasan verifikasi faktual dilakukan setelah fit and proper agar para anggota dewan bisa objektif saat rapat. Dia menyebut verifikasi faktual ini dilakukan oleh 12 perwakilan dari setiap fraksi kecuali PPP yang berhalangan hadir.

"Ya agar pada saat rapat kita objektif, nanti kalau sebelum rapat nanti kalian tanyakan ini nanti jadi nggak objektif, (yang hadir) 12, setiap fraksi ada kecuali PPP, sakit, izin," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Jenderal Andika mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari para perwakilan fraksi dari Komisi I DPR itu. Andika pun meminta maaf jika ada kekurangan.

"Saya terima kasih kepada pimpinan, kemudian perwakilan dari fraksi semua yang telah hadir, saya juga apa adanya saja, bahkan tadi kalau ada yang kurang berkenan saya mohon maaf," ungkapnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: