Sejumlah PR Jenderal Andika Perkasa dari Anggota Komisi I DPR

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 07 Nov 2021 07:32 WIB
Jenderal Andika Perkasa tengah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR RI. Ini foto-fotonya!
Jenderal Andika Perkasa (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Komisi I DPR RI resmi menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Anggota Komisi I pun memberikan sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang harus dituntaskan oleh Jenderal Andika.

"Memperkuat intelijen di lingkungan TNI, meningkatkan diplomasi militer internasional dan memperbaiki gaya adaptif di Papua," kata anggota Komisi I dari fraksi PPP, Syafullah Tamliha kepada wartawan, Sabtu (6/11/2021).

Tamliha mengatakan hal itu telah disampaikan kepada Jenderal Andika Perkasa saat fit and proper test yang berlangsung Sabtu (6/11) kemarin. Dia juga Jenderal Andika memperhatikan kesejahteraan prajurit TNI.

"(Meminta untuk memperhatikan) kesejahteraan prajurit," kata dia.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan PPP menjadi pembicara dalam Diskusi Dialektika Demokrasi. Diskusi itu membahas perihal TKI yang dihukum mati tanpa notifikasi.Syaifullah Tamliha (Foto: Lamhot Aritonang

Lebih lanjut, Tamliha juga menjelaskan jawaban Jenderal Andika dalam menangani prajurit TNI yang terlibat LGBT. Dia mengatakan Jenderal Andika akan membawa prajurit ke pengadilan militer apabila terbukti bersalah.

"Secara umum dia menegaskan semua masalah oknum prajurit TNI dibawa ke pengadilan militer agar keputusan TNI senantiasa memenuhi rasa keadilan," sebutnya.

Golkar Minta Kemampuan Tempur TNI Ditingkatkan

Anggota Komisi I DPR fraksi Golkar, Dave Laksono juga memberikan sejumlah masukan kepada Jenderal Andika Perkasa. Dia meinta agar kesejahtereaan prajurit TNI dan keluarga ditingkatkan.

"Yang utama kami dorong adalah bagaimana beliau dapat menjalankan program-program yang akan meningkatkan kesejahteraan prajurit serta kluarganya," kata Dave saat dihubungi terpisah.

Dave juga berharap agar moralitas prajurit TNI ditingkatkan untuk mencegah prajurit yang terlibat LGBT. Dia juga meminta Jenderal Andika untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit.

"Itu juga jadi masukan (soal LGBT), agar beliau bisa lebih meningkatkan moralitas prajurit TNI, kemampuan tempur, dan juga wawasan para prajurit," katanya.

Anggota Komisi I fraksi Golkar lainnya, Bobby Adhitio Rizaldi juga memberikan sejumlah masukan kepada Jenderal Andika. Hal itu telah disampaikan pada saat fit and proper test Sabtu kemarin.

"Utamanya upaya peningkatan profesionalisme TNI dan kesejahteraan prajurit, dan dijawab oleh beliau, bersama Komisi I ditetapkan saja 'mandatory spending' seperti di UUD pasal 31, 20% dari APBD untuk pendidikan dan UU kesehatan 10% dari APBD atau DTU/ADD," kata Bobby.

Bobby Adhityo Rizaldi (Dok. Pribadi).Foto: Bobby Adhityo Rizaldi (Dok. Pribadi).

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.

Simak Video: Janji-janji Jenderal Andika Jika Jadi Panglima TNI

[Gambas:Video 20detik]