Marsekal Hadi Jelaskan Alasan Tak Temani Jenderal Andika Fit and Proper Test

Audrey Santoso, Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 06 Nov 2021 11:48 WIB
Fit and proper test Jenderal Andika Perkasa
KSAD Jenderal Andika Perkasa menjalani fit and proper test calon Panglima TNI. (Foto: dok. YouTube DPR RI)
Jakarta -

Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI tanpa didampingi Marsekal Hadi Tjahjanto. Ke mana Marsekal Hadi?

"Pak Hadi dinas luar," kata Andika kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Sabtu (6/11/2021).

Jenderal Andika menuturkan Marsekal Hadi telah memberi ucapan selamat. Dia mengatakan Marsekal Hadi juga mendoakan agar fit and proper test berjalan sukses.

"Sudah mengucapkan selamat, ya semoga sukses, itu kata beliau," tuturnya.

Andika menyampaikan akan menjalani proses fit and proper test apa adanya. Dia mengaku tidak ada wejangan khusus dari mertuanya, Hendropriyono.

"Ya kita apa adanya ya. (Wejangan Pak Hendro) nggak ada," ujarnya.

Marsekal Hadi ke Labuan Bajo

Marsekal Hadi, saat dimintai konfirmasi detikcom, menjelaskan alasannya tak mengantar Jenderal Andika ke gedung DPR RI seperti yang dilakukan Gatot Nurmantyo terhadap dirinya 4 tahun silam. Hadi menuturkan antar-mengantar calon Panglima TNI menjalani fit and proper test sebenarnya bukan tradisi.

"Saya pikir tidak ada tradisi semacam itu. Hal tersebut baru dilakukan oleh Pak Gatot, yang waktu itu mengantarkan saya, dan sifatnya kondisional," jelas Hadi lewat pesan singkat.

Hadi saat ini sedang melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Hadi meninjau vaksinasi massal di objek wisata dan memberi pengarahan untuk persiapan pengamanan momen Natal dan tahun baru (Nataru).

"Kondisional yang dimaksud adalah dalam artian jika tidak ada tugas khusus lainnya. Kebetulan kali ini bertepatan saya ada kegiatan bersama Kapolri ke Labuan Bajo untuk percepatan vaksinasi di objek wisata dan persiapan Nataru," terang Hadi.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Momen Jenderal Andika Perkasa Tiba di DPR untuk Uji Calon Panglima TNI':

[Gambas:Video 20detik]