Stok BBM Menipis, PLN Akan Padamkan Listrik di Timika Papua

Saiman - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 19:20 WIB
power failure Concept
Ilustrasi Listrik Padam (iStock)
Mimika -

Stok bahan bakar minyak (BBM) untuk pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Timika dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Pomako menipis. Imbasnya, PLN Timika terpaksa melakukan pemadaman listrik.

Pemadaman listrik itu disampaikan PLN melalui surat pemberitahuan. Manajer ULP Timika Kota Wahyu Prihatnala membenarkan pemberitahuan tersebut.

"Benar (pemberitahuan ada pemadaman listrik), kata Wahyu kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

Dalam surat pemberitahuan itu, PLN menyampaikan suplai kelistrikan hanya bisa beroperasi hingga besok Sabtu (6/11), pukul 12.00 WIT. Hal itu diakibatkan berkurangnya pasokan BBM harian untuk PLTD Timika dan PLTMG Pomako.

Pemadaman listrik akan dilakukan selama 12 jam. Pemadaman listrik juga akan dilakukan secara bergilir.

Surat pemberitahuan itu diteken Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika Martinus Rianto Pasensi. Surat itu ditujukan kepada Bupati Kabupaten Mimika, DPRD Kabupaten Mimika, Polres Kabupaten Mimika, hingga Kodim 1710/Mimika.

Berikut ini isi surat pemberitahuan itu:

Sehubungan dengan Stock BBM (Bahan Bakar Minyak) di PLTD Timika dan PLTMG Pomako menipis, dimana hal ini menyebabkan suplai kelistrikan hanya bisa beroperasi sampai dengan Jumat, tanggal 5 November pukul 23.00 WIT hingga Sabtu, tanggal 6 November pukul 12.00 WIT, adapun bersama ini kami PT. PLN (Persero) UP3 Timika akan melakukan pemadaman listrik bergilir di Kota Timika selama kurun waktu 12 Jam. Keadaan ini diakibatkan berkurangnya pasokan BBM harian untuk PLTD Timika dan PLTMG Pomako.

(mae/mae)