ADVERTISEMENT

Dorong Optimalisasi BUMDes, Ketua DPD Sarankan Kades Studi Banding

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 17:12 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Foto: DPD
Jakarta -

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong agar perangkat desa bisa memaksimalkan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab, kinerja BUMDes merupakan faktor penting dalam upaya meningkatkan perekonomian desa.

"Kita akan mendorong para kepala desa untuk melakukan studi banding. Tujuannya, tak lain untuk meningkatkan motivasi perangkat desa dalam mengelola BUMDes," ungkap LaNyalla dalam keterangan tertulis, Jumat (5/11/2021).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dalam mengelola 25 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa dijadikan contoh. Desa-desa lain di Indonesia bisa mempelajari pola pengelolaan BUMDes yang memiliki kinerja bagus.

"BUMDes di sana mampu berkontribusi untuk ekonomi desa. Hal itu perlu ditiru oleh daerah-daerah lain untuk membangun perekonomian berbasis pedesaan," sebut LaNyalla.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu mengatakan untuk mengembangkan BUMDes, kepala desa dapat melakukan studi banding ke desa-desa yang pengelolaanya bagus.

"Cari desa yang telah memiliki BUMDes dan lebih maju tata kelolanya. Studi banding dapat memicu minat pengembangan dengan mengambil pelajaran yang bermanfaat untuk kemajuan desa," ulas LaNyalla.

Ia menekankan kepala desa harus lebih kreatif, serta membuka peluang kerja sama dengan desa-desa lain yang lebih maju. Sebab, kolaborasi dapat membuka jejaring yang lebih luas dan menguntungkan bagi BUMDes.

"Kepala desa harus fokus pada pengelolaan BUMDes. Karena, BUMDes adalah salah satu sarana penting dalam pertumbuhan ekonomi," ujar Mantan Ketua Umum PSSI itu.

LaNyalla pun menegaskan pengelolaan BUMDes memerlukan dukungan yang serius dari kepala desa. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) yang mengelola pun harus terampil dan cermat, agar dapat memajukan BUMDes.

"Desa harus memiliki SDM pengelola yang mumpuni, yang baik. Sehingga, mampu mengatasi kendala seperti menentukan jenis usaha serta mambangun sistem manajemen. Pertumbuhan ekonomi perdesaan pun dapat seiring berjalan dengan tingkat kemajuan BUMDes," tutur LaNyalla.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT