Saran KPAI Agar Kecelakaan Vanessa Angel Tak Bikin Trauma bagi Gala

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 11:44 WIB
Komisioner KPAI, Jasra Putra
Komisioner KPAI Jasra Putra (dok.pribadi)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ikut berduka atas kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya, Bibi di Tol Jombang, Jawa Timur. KPAI juga memberikan saran agar peristiwa kecelakaan tragis itu tidak menimbulkan traumatis yang mendalam bagi Gala, anak Vanessa dan Bibi.

Komisioner KPAI, Jasra Putra mengatakan, peristiwa duka kehilangan orang tua seringkali meninggalkan bekas mendalam bagi anak dan keluarga. Apalagi kehilangan orang tua itu terjadi secara mendadak.

"Sebagai anak kecil, Gala masih belum bisa memahami mengapa orang tua pergi meninggalkannya, sehingga butuh proses pendampingan yang baik," ujar Jasra dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

Di usianya yang masih kecil, Gala belum bisa memahami apa yang terjadi dengan orang tuanya. Untuk itu, dibutuhkan pendampingan ekstra bagi Gala agar tidak menimbulkan trauma yang mendalam.

"Ada kehidupan dan kematian sebuah konsep yang belum bisa di pahami anak. Namun, yang terpenting dalam kesedihan anak selalu didampingi, jangan lepas pendampingan," tuturnya.

Pendamping sepatutnya dapat mengalihkan kesedihan yang dirasakan Gala kepada hal yang positif.

"Seperti diajak mendoakan, anak diajak mengerti bahwa manusia diciptakan Tuhan. Sehingga kematian adalah kasih sayang Tuhan kepada manusia," katanya.

"Alihkan anak untuk menceritakan apa yang paling disukai orang tuanya, kepadanya. Dan ajaklah untuk berbuat hal yang sama agar menjadi semangat Gala dan motivasi dalam menjalani hari-hari kesedihannya.

Seperti diketahui, Vanessa Angel dan Bibi tewas dalam kecelakaan tragis di Km 672.300A Tol Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/11) siang. Gala, anak semata wayang Vanessa Angel dan Bibi juga ada dalam mobil Pajero bersama baby sitter-nya, Siska Lorensa dan sopir Vanessa, Tubagus Joddy.

Gala selamat dari kecelakaan maut itu. Ia mengalami luka-luka, begitu juga dengan baby sitter dan sopir. Kini, Vanessa dan Bibi beristirahat di tempat peristirahatan terakhir di TPU Taman Makam Islam Malaka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

(mea/fjp)